Mengenal Ayam Silkie Asal Negeri Paman Sam, Unik dan Menggemaskan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 09 Juli 2023
0 dilihat
Mengenal Ayam Silkie Asal Negeri Paman Sam, Unik dan Menggemaskan
American silkie dikenal sebagai ayam yang lucu, bahkan ramah dan juga lemah lembut bahkan bisa mengenali pemiliknya. Foto: Repro Jualayamhias.com

" Harga ayam silkie cukup mahal. Ayam jenis ini sebagai satu-satunya ras yang memiliki penampilan berbulu "

KENDARI, TELISIK.ID - Tak banyak orang yang mengetahui ayam silkie. Ayam ini berbulu halus dan lebat layaknya kucing peranakan mahal. Unggas ini dengan cepat menarik perhatian. American Silkie dikenal sebagai ayam yang lucu, bahkan ramah dan juga lemah lembut, bahkan bisa mengenali pemiliknya.

Dilansir dari Ternakhias.com, ayam silkie mempunyai harga cukup mahal. Ayam jenis ini sebagai satu-satunya ras yang memiliki penampilan berbulu.

Di negara Cina, silkie telah menyediakan telur dan daging untuk orang kaya selama berabad-abad. Dagingnya berwarna hitam dan dianggap memberikan khasiat magis dan obat bagi mereka yang memakannya juga digunakan dalam pengobatan Tiongkok seperti dikutip dari Jawapos.com.

Ayam American Silkie dalam produksi telur bisa dibilang cukup sedikit karena hewan ini termasuk jenis hias bukan hewan petelur, dimana rata-rata hanya menghasilkan 2-3 telur kecil setiap minggu atau sekitar 100-120 telur per tahun.

Baca Juga: Mengenal Quokka, Hewan Paling Bahagia di Dunia

Makanya ayam jenis ini lebih sering diikutsertakan dalam pameran, pertunjukan atau kontes dan dipelihara saja. Popularitas ayam ini sekarang mulai dibudidayakan karena ayam jenis ini adalah indukan yang andal dan hewan peliharaan keluarga yang menyenangkan.

Harga jualnya berbeda-beda sesuai dengan karakteristik ayam. Misalnya, ayam umur 1 bulan yang bulunya biasa dijual di kisaran Rp 1,5 juta. Namun, harga ayam super yang memiliki bulu lebat dan halus seperti kapas serta posturnya bulat dan gagah, bisa mencapai Rp 10 juta.

Baca Juga: Mengenal 4 Jenis Kopi Termahal di Dunia

Ayam silkie juga tergolong jenis ayam yang sangat pendiam. Salah satu hal yang membuat mereka sempurna untuk hewan peliharaan di rumah maupun halaman belakang bahkan apartemen sekaligus.

Umurnya tergantung pada seberapa baik mereka dirawat, dan kualitas yang diberikan dari setiap pemelihara atau peternak khusus jenis ayam ini. Ayam ini akan hidup sampai 10 tahun lamanya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga