Mengenal Virtual Influencer Pertama Asal Korea, Oh Rozy

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Rabu, 10 Agustus 2022
0 dilihat
Mengenal Virtual Influencer Pertama Asal Korea, Oh Rozy
Oh Rozy merupakan virtual influencer asal Korea Selatan. Kehadirannya membuktikan bahwa dunia semakin canggih. Foto: Instagram @rozy.gram

" Robot influencer virtual pertama Korea Selatan ini berhasil meraup penghasilan gila-gilaan hanya dengan memposting fotonya dengan brand di media sosial Instagram @Rozy.gram "

SEOUL, TELISIK.ID - Bagi kamu pengguna yang aktif di media sosial, tentu pernah melihat beberapa influencer yang sosoknya mirip dengan kartun dan memiliki jutaan pengikut di berbagai platform. Sosok tersebut di antaranya seperti Lu do Magalu, Barbie, Guggimon, Knox Frost hingga Lil Miquela.

Uniknya, sosok-sosok tersebut merupakan virtual influencer, yang mana mereka dibuat menggunakan CGI yang canggih, yang kemudian dibuat untuk dapat berinteraksi layaknya manusia biasa saat menggunakan media sosial.

Nah, semakin pesatnya teknologi dan kian banyaknya virtual influencer di masa kini, membuat Sidus Studio X akhirnya membuat virtual influencer cantik bernama Rozy.

Mengutip dari Sindonews.com dan Yoursay.id, sosok cantik Rozy ini merupakan sebuah robot dengan kecerdasan buatan (AI). Robot yang mengaku sebagai influencer virtual pertama Korea Selatan ini berhasil meraup penghasilan gila-gilaan hanya dengan memposting fotonya dengan brand di media sosial Instagram @Rozy.gram.

Baek Seung-yeop, CEO Sidus Studio X, menyebut bahwa Rozy mewakili generasi MZ. Generasi MZ dimaksudkan untuk menggambarkan target konsumen baru yang dengan cepat menjadi fokus banyak merek.

Yakni, kelompok milenial (lahir 1981-1996) dan Gen Z (lahir 1997-2012). Walau berbeda secara usia, namun punya banyak kesamaan.

“Kami mempelajari wajah selebriti terkenal yang disukai oleh generasi MZ. Lalu, kami menemukan bahwa generasi ini lebih menyukai wajah alami,” katanya.

Selain itu, Seung-yeop juga menyebut bahwa mereka membuat 800 wajah yang sangat realistis dan detail sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan ke Rozy.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Ciri Anak yang Bakal Sukses di Masa Depan

Nama lengkap Rozy adalah Ohrozy. Yang dalam bahasa Korea artinya “Hanya Satu-Satunya”. Usianya 22 tahun.

Bak influencer nyata, Rozy juga kerap membagikan foto-fotonya yang sedang melakukan kegiatan sehari-hari, seperti saat sedang menikmati travelling, liburan, atau memposting OOTD yang tidak kalah fashionable dengan influencer atau K-Pop idol lainnya.

Lantas seperti apa sih sosok Oh Rozy ini? Berikut 5 fakta menariknya:

1. Remaja yang Hobi Olahraga

Meskipun hanya virtual, tapi penampakan Rozy menyerupai manusia, ia juga memiliki hobi yang ia sukai, yakni melakukan olahraga yoga dan travelling ke seluruh dunia.

Rozy diketahui memiliki 800 ekspresi wajah dan gerakan, tak ayal jika Rozy sangat pandai berpose.

2. Raup Penghasilan Fantastis

Layaknya influencer yang menerima endorsment, Rozy pun juga. Saat ini, Rozy sudah bekerja sama dengan 100 sponsor. Dia juga mendapatkan sejumlah tawaran dari merk terkenal, contohnya Rozy dipilih menjadi model untuk Shinhan Life Insurance pada awal tahun 2021. 

Setiap minggunya, robot virtual ini mengunggah beberapa postingan instagram menggunakan brand seperti Calvin Klein, Maison Margeila, hingga Hera Beauty. Pada tahun 2021 kemarin, Rozy diprediksi berhasil menghasilkan 850.000 USD atau sekitar Rp 12,1 miliar.

3. Alasan Brand Memilih Rozy

Menurut Baek Seung Yeop, selaku CEO Sidus Studio X, ada beberapa alasan mengapa brand memilih influencer virtual. 

Model 3D ini tidak dapat terlibat dengan skandal apapun yang dapat membahayakan brand. Selain itu robot virtual ini dapat berada di mana saja, termasuk di banyak tempat dalam waktu yang bersamaan, dan mereka tidak pernah menua.  

Itulah mengapa banyak brand yang mempercayakan Rozy sebagai orang yang mempromosikan brand mereka.

4. Debut Jadi Aktris di Drama Korea

Baca Juga: 3 Tanda Kamu Sedang Alami Stres Berat

Baru-baru ini, Rozy muncul di drama berjudul Dr. Park’s Clinic sebagai aktris. Influencer virtual tersebut terlihat pada episode drama yang dibintangi Lee Seo Jin tayang tanggal 12 Februari lalu. 

5. Berencana Debut Menjadi Penyanyi

Mengutip Soompi, pemilik followers lebih dari 100 ribu di Instagram itu berencana untuk melebarkan sayap sebagai penyanyi tahun ini.

Menurut salah satu netizen, Rozy akan membuat debut perdananya bulan Februari dengan mengeluarkan single yang diproduseri oleh Jung Jae Won, produser album Bolbbalgan4. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga