Meski Pandemi, Festival Tangkeno Tahun 2020 Tetap Digelar di Bombana

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 27 Agustus 2020
0 dilihat
Meski Pandemi, Festival Tangkeno Tahun 2020 Tetap Digelar di Bombana
Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bombana, Janariyah. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Kami tentunya akan berkoordinasi dengan Nakes dan Kepolisian setempat. Tapi pesertanya kami batasi setiap kecamatan itu diwakili 30 orang berpakaian adat saat pembukaan yang Insya Allah bakal dibuka oleh Bapak bupati. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Meski Pandemi COVID-19 belum berakhir, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga tetap merencanakan pagelaran Festifal Tangkeno VIII Tahun 2020 di Desa Negeri Diawan, Tangkeno Kabupaten Bombana.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bombana, Janariyah mengungkapkan event budaya tahunan itu tetap akan digelar namun akan berlangsung sangat terbatas akibat pandemi yang belum usai.

Janariyah mengatakan, kegiatan Festival Tangkeno yang selalu dilaksanakan itu sebenarnya selalu jadi tanda tanya, apakah mau dilaksanakan atau tidak. Dari hasil koordinasi, pihaknya pun telah menetapkan waktu pelaksana, yakni berlangsung selama tiga hari terhitung dari tanggal 10-12 September 2020 mendatang.

"Sebelumnya ini tidak ada harapan untuk tetap menggelar event tahunan kita di Pulau Kabaena. Tapi karena sudah ada kelonggaran pandemi ini, jadi kami jadwalkan pembukaan tanggal 10 September dan penutupan pada tanggal 12," jelas Janariyah, Kamis (27/8/2020).

Baca juga: Polemik Pemberian Honor KPN, Dewan: Pengadilan Bukan Unsur Forkopimda

Sebagai penyelenggara, pihaknya memastikan pada pelaksanaan event tersebut bakal dibuka langsung oleh Bupati Bombana. Sementara peserta yang bakal dihadirkan adalah setiap kecamatan di Pulau Kabaena dengan perwakilan 30 orang berkostum adat Moronene, Kabaena.

"Kami tentunya akan berkoordinasi dengan Nakes dan Kepolisian setempat. Tapi pesertanya kami batasi setiap kecamatan itu diwakili 30 orang berpakaian adat saat pembukaan yang Insya Allah bakal dibuka oleh Bapak bupati," terangnya.

Festival Tangkeno 2020 nantinya juga akan diwarnai dengan seminar motif Bombana, Pagelaran seni budaya, pameran kuliner dan pameran kerajinan atau disebut kriya masyarakat setempat.

Untuk diketahui, kini kasus COVID-19 untuk wilayah Bombana berdasarkan keterangan Jubir Penanggulangan COVID-19 Bombana adalah Zero atau nihil.

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga