Metode BIM dalam Jasa Konstruksi Tingkatkan Efisiensi dan Akurasi

Wa Ode Sunaimi Rahman, telisik indonesia
Kamis, 17 November 2022
0 dilihat
Metode BIM dalam Jasa Konstruksi Tingkatkan Efisiensi dan Akurasi
Balai Jasa Konstruksi (BJK) Wilayah Vl Makassar bekerja sama dengan Fakultas Teknik UHO mengadakan pelatihan Building Information Modelling (BIM) batch ke-3 Foto: Wa Ode Sunaimi Rahman/Telisik

" User yang menggunakan BIM merasakan manfaatnya yaitu dari proses desain dan konstruksi lebih ramping dan transparan, peningkatan efisiensi dan akurasi "

KENDARI, TELISIK.ID – Building Information Modelling (BIM) merupakan satu atau beberapa model virtual gedung yang dibuat secara digital. Model ini mendukung seluruh fase desain, memungkinkan analisis dan kontrol yang lebih baik.

User yang menggunakan BIM merasakan manfaatnya yaitu dari proses desain dan konstruksi lebih ramping dan transparan, peningkatan efisiensi dan akurasi, menghindari kesalahan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan serta waktu pelaksanaan lebih cepat.

Menuju dunia Jasa Konstruksi 4.0 seiring perkembangan teknologi informasi guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik, Balai Jasa Konstruksi (BJK) Wilayah Vl Makassar bekerja sama dengan Fakultas Teknik UHO mengadakan pelatihan Building Information Modelling (BIM) batch ke-3.

Pelatihan tersebut berlangsung selama 6 hari, sejak Senin 14 hingga 19 November 2022 bertempat di aula Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO). Peserta pelatihan terdiri dari mahasiswa serta alumni Jurusan Teknik se-Sulawesi Tenggara, stakeholder dari pemerintah daerah, dinas PU, konsultan, dan swasta yang memiliki background kontraktor/ konstruksi.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Atasi Stunting Lewat Dapur Sehat

Hasdi Haryadi, S.H, M.H., panitia pelaksana BJK VI Makassar menjelaskan bahwa dengan metode BIM dapat mempermudah serta waktu lebih efisien.

"Metode BIM mempermudah dan mengefisienkan waktu serta menekan risiko biaya," ucapnya.

Baca Juga: Fiersa Besari dan Tiara Andini Bakal Manggung di Kota Kendari

Selain itu para pihak proyek dapat memahami dan meninjau desain dengan lebih mudah, sehingga terjamin akurasi dan kelengkapannya, serta memberikan visualisasi dan evaluasi alternatif dalam hal biaya dan paramater proyek lainnya.

BIM diapresiasi dalam meningkatkan komunikasi antar pihak proyek dan kualitas yang secara umum lebih baik, serta mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan pada proyek.

Instruktur BIM, Januar Saleh Kaimuddin, S.T, M.T., menyampaikan bahwa pelatihan tersebut juga dapat meningkatkan kompetensi bagi lulusan/alumni dalam menyambut program pemerintah yaitu penerapan sistem informasi jasa konstruksi. (B)

Penulis: Wa Ode Sunaimi Rahman

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga