adplus-dvertising

Moeldoko Layak Maju Capres di Pemilu 2024

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Sabtu, 03 Desember 2022
349 dilihat
Moeldoko Layak Maju Capres di Pemilu 2024
Lembaga penelitian SRS membeberkan hasil surveinya terkait kepantasan Moeldoko maju Lilpres 2024. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Nama Kepala Staf Keprisedenan, Moeldoko menyodok dalam bursa Capres 2024 mendatang. Hal itu berdasarkan hasil survei dari lembaga survei Surabaya Research Syndicate (SRS) "

SURABAYA, TELISIK.ID - Nama Kepala Staf Keprisedenan, Moeldoko menyodok dalam bursa Capres 2024 mendatang. Hal itu berdasarkan hasil survei dari lembaga survei Surabaya Research Syndicate (SRS).

SRS menyebut, pria kelahiran Kediri Jawa Timur tersebut lebih cocok di Pemilu 2024 mendatang layak sebagai calon presiden.

Tokoh-tokoh papan tengah dan papan bawah tingkat elektabilitasnya cenderung stagnant, bahkan hampir semuanya menurun. Hanya Jenderal Moeldoko yang menunjukkan trend positif (naik) dalam empat bulan terakhir.


Baca Juga: 981 Tenaga Harian Lepas di Manggarai Timur Tak Dipekerjakan Lagi 2023

Pada survei Juni 2022 elektabilitas Jenderal Moeldoko baru 2,4 persen dan berada di posisi ke-9, pada survei November 2024 ini elektabilitas beliau naik menjadi 4,3 persen dan melesat ke posisi “lima besar” Capres 2024.

Menurut analisis SRS, peneliti senior SRS, Novelia Arsita Mranani, secara obyektif yang mempengaruhi persepsi publik dalam menilai tokoh yang layak menjadi Presiden RI periode 2024-2029 berdasarkan elektabilitas, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menjadi satu-satunya capres papan tengah dan papan bawah yang mengalami kenaikan signifikan.

Sebab itu, Moeldoko dapat menjadi capres alternatif di tengah memanasnya persaingan kubu Ganjar dan Anies akhir-akhir ini.

"Bermodal pengalaman kepemimpinan yang cukup panjang dan sangat lengkap, baik di lingkungan TNI maupun birokrasi pemerintahan, Moeldoko mungkin dapat menjadi solusi dari meruncingnya perseteruan antara blok Ganjar dan blok Anies," jelas Novelia Arsita.

Sedangkan peneliti lainnya, Tony Prawira Adi mengatakan, dari penelitian SRS diketahui hampir mayoritas Capres periode 2024-2029 berlatar belakang militer atau TNI memuncaki urutan pertama, diikuti berlatar belakang politisi 20,7 persen. Lalu 18,2 persen responden menginginkan calon presiden RI mendatang berlatar belakang akademisi dan 14,8 persen lebih mendambakan calon presiden yang berlatar belakang ulama.

Baca Juga: Kapolda Nusa Tenggara Timur Utus 105 Brimob Bertugas Setahun di Papua

“Sementara latar belakang pengusaha memeroleh 8,1 persen, latar belakang lainnya 1,8 persen, dan sebanyak 8,3 persen responden tidak memberikan jawaban,” ujar Tony Prawira Adi.

Menurut analisis SRS, lanjut Tony secara obyektif yang mempengaruhi persepsi publik dalam menilai tokoh yang layak menjadi Presiden RI periode 2024-2029 berdasarkan latar belakangnya.

Latar belakang militer atau TNI, misalnya, mengapa dalam berbagai riset lembaga survei selalu menempati posisi teratas latar belakang capres yang disukai, tidak dapat disangkal karena ada beberapa sejumlah nama berlatar belakang militer masuk dalam kabinet atau posisi yang strategis.

"Ini adalah faktor obyektif yang memengaruhi persepsi publik," tutupnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga