Moody pada Wanita, Kelainan Mental atau Hormon?

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 30 Maret 2022
0 dilihat
Moody pada Wanita, Kelainan Mental atau Hormon?
Ilustrasi mood swing yang dialami seorang wanita. Foto: Repro tirto.id

" Mood atau suasana hati wanita terkadang memang mudah berganti. Beberapa saat yang lalu tampak baik-baik saja, tiba-tiba bisa berubah diam seribu bahasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Wanita yang moody sering membingungkan pasangannya. Mood atau suasana hati wanita terkadang memang mudah berganti. Beberapa saat yang lalu tampak baik-baik saja, tiba-tiba bisa berubah diam seribu bahasa. Hal ini sontak membuat para pria menerka-nerka apa yang terjadi pada wanita?

Psikiater sekaligus penulis buku, Julie Holland, pun mengungkapkan dalam bukunya bahwa ada banyak alasan yang membuat mood wanita seringkali naik turun seperti roller coaster. Pada taraf tertentu, perubahan mood adalah hal yang wajar, bukan suatu kelainan mental.

Moody, merupakan istilah yang berasal dari kata ‘mood’, yang dalam Bahasa Inggris berarti ‘suasana hati’. Secara bahasa, moody dapat dijelaskan sebagai suatu sifat atau kondisi ketika seseorang mengalami perubahan mood yang fluktuatif atau tidak beraturan.

Sementara dalam istilah psikologi, moody lebih dikenal dengan sebutan mood disorder, yaitu gejala kacaunya suasana hati seseorang yang dapat berujung pada depresi.

Faktor Lain yang Membuat Wanita Moody

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa moody pada wanita umumnya merupakan hal yang wajar dan bersifat hormonal. Namun, melansir halodoc.com, selain karena hormon, beberapa faktor berikut ini juga dapat memicu sifat moody pada wanita:

1. Genetik

Hormon seseorang sangat erat kaitannya dengan gen yang diwariskan dari orangtuanya. Orang yang memiliki sifat moody akan berpotensi besar menurunkan itu pada anaknya. Sama halnya dengan jenis-jenis kepribadian seperti introvert dan ekstrovert, yang juga dapat diwariskan dari gen kedua orangtua.

2. Kurang Tidur

Waktu tidur yang kurang merupakan akar dari berbagai masalah penyakit. Tak terkecuali dalam hal perubahan suasana hati. Wanita yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat perubahan mood semakin kentara, imbas adanya peningkatan kadar hormon kortisol, yaitu hormon yang menyebabkan stres.

3. Terlalu Banyak Tekanan

Menurut penelitian, wanita memiliki kemampuan multitasking yang lebih baik dibanding pria. Dalam satu waktu, wanita dapat memikirkan dan mengerjakan banyak hal. Namun, itulah yang menjadi boomerang bagi mereka. Terlalu banyak hal yang dipikirkan dan dikerjakan lambat laun akan membuat wanita merasa tertekan. Tekanan yang berlebihan itulah yang kemudian membuat wanita lebih emosional dan memicu terjadinya mood swing.

Baca Juga: Deretan Negara dengan Wanita Perawan Terbanyak, Cocok Buat Kamu yang Mau Cari Jodoh

Tapi tetap tenang, jangan panik menghadapi wanita yang sedang moody. Tak perlu pula memberondong beribu pertanyaan yang nantinya malah membuat wanita semakin kesal. Kamu bisa melakukan beberapa tips mudah mengembalikan mood wanita berikut ini seperti dilansir dari yoursay.id:

1. Ajak bercanda

Melihat wanita yang murung, kamu bisa mencoba menghiburnya dengan melempar candaan. Banyak wanita menyukai sisi humoris dari seorang pria. Meskipun mungkin awal-awal, sang wanita masih enggan untuk merespons. Namun, bukan berarti ia tak memperhatikanmu. Berikan candaan dengan sedikit rayuan juga bisa membuat dia tersipu malu.

2. Menjadi pendengar

Mengetahui pasangan sedang dalam mood yang buruk, kamu bisa to the point menanyakan alasannya. Mungkin saja, wanitamu memang baru ada masalah yang ia pendam. Kalau ternyata benar suasana hatinya buruk karena ada persoalan, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Ya, terkadang wanita hanya ingin didengar saja.

Kamu juga bisa memberikan saran apabila ia memintanya. Namun yang utama, dengarkan dia tanpa memutus pembicaraannya. Wanita bisa merasa lebih lega setelah mengeluarkan curhatannya.

3. Siapkan kejutan

Baca Juga: Lama Dinanti-nanti, Drama Korea Dear M Dikabarkan Tayang Perdana Lebih Awal di Jepang

Siapa sih orang yang tidak suka diberi kejutan? Tak perlu kejutan yang heboh seperti memperingati hal spesial, kamu bisa memberikan kejutan yang sederhana saja. Contohnya, kamu bisa menyiapkan makanan atau minuman favoritnya. Menyantap makanan kesukaan tentu bisa membuat hatinya senang.

4. Mengajak jalan-jalan

Cara berikutnya yang bisa meningkatkan mood wanita adalah dengan mengajaknya jalan-jalan. Kamu sebagai pasangannya bisa mengajak dia pergi ke tempat favoritnya. Kalau pasanganmu suka nonton film, kamu bisa menawarkan untuk pergi ke bioskop. Sementara itu, jika dia lebih senang nongkrong santai, coba ajak ke kafe yang belum pernah kalian kunjungi.

Moody juga dapat diminimalisir dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti olahraga teratur. Terutama olahraga yang dapat membantu merelaksasi pikiran seperti yoga. Saat memasuki masa-masa PMS, kamu juga bisa mencoba mengalihkan pikiran dan melakukan berbagai kegiatan menyenangkan yang dapat membuat mood menjadi baik. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Kardin

Baca Juga