Muna Menuju Zero Pasien COVID-19

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 09 Juni 2020
0 dilihat
Muna Menuju Zero Pasien COVID-19
Tim Satgas COVID-19 Muna menggelar konfrensi pers. Foto: Sunaryo/Telisik

" Dalam waktu dekat, kita akan lakukan swab follow up terhadap empat pasien. Semoga hasilnya negatif, sehingga pasien menjadi zero. "

MUNA, TELISIK.ID - Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Raha terus menunjukkan peningkatan. Dalam kurun waktu hampir dua bulan, persentasenya mencapai 82 persen.

Dari 22 pasien yang dirawat sampai dengan saat ini yang dinyatakan sembuh sudah 18 orang. Dua pasien sembuh di antaranya berasal dari Muna Barat (Mubar). Sisanya empat orang, tinggal menunggu swab follow up untuk menentukan kesembuhan.

Jubir Satgas COVID-19 Muna, dr La Ode Ahmad Wahid Agigi menerangkan, selama ini jumlah kasus positif lebih sedikit. Sementara, kesembuhan pasien jumlahnya terus meningkat. Ia meyakini, dalam bulan Juni ini, pasien akan zero (nol) .  

Baca juga: ona Hijau, 24 Kelurahan di Kendari Mulai Persiapkan New Normal

"Dalam waktu dekat, kita akan lakukan swab follow up terhadap empat pasien. Semoga hasilnya negatif, sehingga pasien menjadi zero," ungkap Wahid.

Untuk membuktikan angka positif COVID-19 terus menurun, Tim Satgas akan membuat pemetaan dan strategi baru dengan melaksanakan rapid test massal di tempat umum, pintu masuk perbatasan, pelabuhan feri, dan pelabuhan nusantara.

"Kita akan cek lapangan langsung dengan rapid test. Karena sampai saat ini untuk Sultra, Nilai Prediksi Negatif (NPN) rapid test COVID-19 sekitar 83 persen, makanya kita mencoba menyandingkan dengan nilai scor skrining zona merah. Kami yakin nilai NPV dengan 1.000 populasi akan meningkat sekitar 95 persen," ungkapnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga