Nasib Ojek Pangkalan di Tengah Menjamurnya Ojol

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 09 Juli 2023
0 dilihat
Nasib Ojek Pangkalan di Tengah Menjamurnya Ojol
Tukang ojek pangkalan sedang menunggu penumpang di depan kampus baru Universitas Halu Oleo Kendari di Jl H.E.A Mokodompit. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Keberadaan tukang ojek pangkalan kian hari kian menyurut, akibat maraknya ojek online (ojol) "

KENDARI, TELISIK.ID - Keberadaan tukang ojek pangkalan kian hari kian menyurut, akibat maraknya ojek online (ojol). Semakin ketatnya persaingan, tidak sedikit dari mereka akhirnya memilih beralih profesi.

Sejumlah penjual jasa angkutan roda dua di depan kampus baru Universitas Halu Oleo Kendari di Jl H.E A Mokodompit, tampak berkumpul di satu tempat yang mereka sebut pangkalan ojek.

Salah seorang tukang ojek, Aris mengatakan, dirinya sudah 18 tahun mencari nafkah sebagai tukang ojek pangkalan. Saat ini, dia betul-betul merasakan menurunnya pendapatan yang diperoleh setiap hari.

"Sekarang sudah sepi, berbeda dengan dulu, karena ada mi ojek online. Dulu pendapatan satu hari bisa sampai Rp 200 ribu sekarang sudah standar Rp 100 ribu," tuturnya.

Baca Juga: Perjuangan Nelayan Mengais Rezeki, Tetap Eksis di Tengah Cuaca Ekstrem

Aris juga mengatakan, ia tidak ingin bersaing dengan tukang ojek yang lain, tujuannya hanya mencari rezeki. Di pangkalan ojek, biasanya mereka secara tertib dan sabar mengantre menunggu giliran mengangkut penumpang. Solidaritas mereka terbilang solid, sejak pagi hingga malam.

Tukang ojek lain, Adit, juga merasakan makin sulitnya mendapatkan penumpang sejak ada ojek online. Pendapatannya menurun drastis, sehingga banyak dari teman-teman ojeknya harus undur diri mencari pekerjaan yang lain.

"Iya, sebelumnya banyak sekali ini yang mangkal di sini. Tapi sekarang tinggal sedikit, ada mi sebagian cari pekerjaan yang lain. Dulu bisa sampai seratus orang yang mangkal, sekarang tinggal 30-an," ujarnya.

Baca Juga: Penjual Nasi Bungkus di Kendari Mampu Kuliahkan 4 Anaknya

Mereka mengakui, sebagian penumpang ojek memilih menggunakan ojek online karena kemudahan yang diperoleh saat ini, yakni ojeknya yang mendatangi penumpang, bukan sebaliknya.

Sementara salah seorang pengguna jasa ojek, Andrian, mengaku sudah jarang menggunakan ojek di pangkalan karena ia merasa ojek online lebih mudah.

"Iya dulu sering ke pangkalan cari ojek,  sekarang pakai ojek online, saya rasa lebih mudah dan cepat karena dijemput sesuai lokasi," pungkasnya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga