Negara Ini Kasi Uang Warganya Asal Rela Tinggalkan Ibu Kota

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 08 Januari 2023
0 dilihat
Negara Ini Kasi Uang Warganya Asal Rela Tinggalkan Ibu Kota
Pemerintah Jepang telah mengizinkan orang tua tunggal atau pasangan dengan anak untuk menerima 300.000 yen (USD 2.300) jika mereka pindah dari Tokyo. Foto: Repro Strategimanajemen.net

" Pemerintah Jepang akan memberi 1 juta yen atau sekitar 7.670 dolar AS per anak untuk keluarga yang bersedia pindah dari Tokyo "

TOKYO, TELISIK.ID - Jepang merupakan salah satu negara yang cukup maju. Selain terkenal akan kedisiplinan dan budayanya, rupanya Jepang juga terkenal dengan kepadatan penduduknya.

Melansir Tribunnews.com, pemerintah Jepang dilaporkan akan memberi 1 juta yen atau sekitar 7.670 dolar AS per anak untuk keluarga yang bersedia pindah dari Tokyo. Di Tokyo, jumlah orang yang pindah ke kota melebihi jumlah mereka yang pergi. Totalnya hingga 80 ribu pendatang setiap tahun sebelum pandemi COVID-19.

Pemerintah Jepang telah mengizinkan orang tua tunggal atau pasangan dengan anak untuk menerima 300.000 yen (USD 2.300) per anak jika mereka pindah. Kebijakan ini berlaku mulai April 2023. Insentif berlaku untuk anak berusia di bawah 18 tahun, atau tanggungan 18 tahun ke atas jika masih duduk di bangku SMA seperti dikutip dari Jawapos.com.

Penerima dukungan tersebut harus tinggal di wilayah baru setidaknya selama lima tahun dan siapa pun yang melanggar aturan itu akan diminta mengembalikan uang tersebut. Kantor Kabinet Jepang tidak segera menanggapi permintaan komentar atas pemberian dukungan tersebut.

Baca Juga: Ini 5 Negara Produsen Bahan Utama Baterai Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia

Baca Juga: Ini 5 Negara Terbesar di Dunia

Selama beberapa dekade, orang-orang di seluruh Jepang telah bermigrasi ke pusat kota untuk mencari peluang kerja. Di satu sisi, penduduk pedesaan cenderung sepi. Sebagian kota di negara itu, tidak termasuk 23 distrik Tokyo, diperkirakan akan ditetapkan sebagai daerah berpenduduk sedikit menurut sensus nasional.

Sementara itu, di kota-kota besar semakin padat. Tokyo secara konsisten menjadi salah satu kota termahal di dunia untuk ditinggali dan peringkat kelima secara global pada 2022. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga