Pasar Sentral di Bombana Kumuh, Puluhan Los Tidak Terpakai

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 17 Maret 2022
0 dilihat
Pasar Sentral di Bombana Kumuh, Puluhan Los Tidak Terpakai
Kondisi Pasar Sentral Tadoha Mapaccing terlihat bak hutan. Foto: Hir/Telisik

" Beberapa titik halaman dipenuhi rumput dan pohon-pohon yang tumbuh meninggi serta sampah berserakan "

BOMBANA, TELISIK.ID - Sejumlah los di Pasar sentral Tadoha Mapacing yang terletak di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Rumbia Tengah, Kabupaten Bombana, terlihat tidak terpakai dan dibiarkan begitu saja, sehingga kondisi pasar semakin kumuh akibat kurangnya perawatan oleh pemerintah setempat.

Pantauan Telisik.id Kamis (17/3/2022), di beberapa titik halaman dipenuhi rumput dan pohon-pohon yang tumbuh meninggi serta sampah berserakan.

Kepala Dinas Perindag Bombana, Azis Fair saat peninjauan di lapangan, belum pernah menerima aduan terkait kondisi pasar yang kumuh.

"Bidang Perdagangan yang sering turun lapangan tidak pernah laporkan dan aduan dari masyarakat kondisi pasar yang kumuh. Kalau ada laporan maka akan langsung saya teruskan di TPAD agar sama-sama dicarikan solusinya supaya tidak kumuh lagi," ucap Azis Fair.

Baca Juga: Lindungi Hak Petani, DPRD Kolut Rancang Perda Perlindungan Komoditi Kakao

Sementara itu, saat ditanya soal puluhan los penjualan yang hingga saat ini masih kosong, Azis Fair menjelaskan bahwa puluhan los tersebut awalnya disiapkan untuk para pedagang eks pasar lama yang digusur dengan alasan pembukaan taman.

"Sebenarnya los-los itu awalnya disiapkan untuk pedagang eks pasar lama," katanya.

Baca Juga: Selain Batauga, Dana Hibah Masjid Pemda Busel di Sampolawa Juga Tak Sampai

Selain karena tempat yang kurang diminati, pasar terlihat semrawut akibat tahapan pembangunan pasar yang tidak menyesuaikan jumlah pedagang.

"Pertama kurang diminati. Kedua, dulu itu pasar hanya dibangun begitu saja tidak sesuai jumlah pedagang akhirnya terlihat semrawut. Tapi nanti akan ditertibkan," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun beberapa waktu lalu, sejumlah pedagang Pasar Sentral Tadoha Mappacing dan Pasar Sore RTH Bombana telah dipertemukan dengan Bupati Bombana guna membahas kondisi pasar yang kerap menganggu kenyamanan pedagang.  (C)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga