Pembangunan Perkantoran Muna Barat Masuk Tahap Konsultasi Penyusunan Amdal

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 26 Mei 2023
0 dilihat
Pembangunan Perkantoran Muna Barat Masuk Tahap Konsultasi Penyusunan Amdal
Konsultasi publik dalam penyusunan Amdal pembangunan perkantoran Muna Barat, bersama LPPM UHO Kendari. Foto: Ist.

" Pembangunan perkantoran Bumi Praja Laworoku, masuk tahap konsultasi publik penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pembangunan perkantoran Bumi Praja Laworoku, masuk tahap konsultasi publik penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

Konsultasi publik itu dilakukan bersama lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, konsultasi publik dalam penyusunan Amdal yaitu syarat untuk dilaksanakan pembangunan perkantoran di wilayah yang telah ditentukan.

Baca Juga: Bahri Kembali Dipercaya Nahkodai Muna Barat

"Dalam penyusunan Amdal masyarakat di wilayah pembangunan mesti dilibatkan," Kata Bahri, Jumat (26/5/2023).

Keterlibatan masyarakat setempat bertujuan untuk mendengarkan informasi dan saran, sehingga dampak yang akan ditimbulkan suatu proyek dapat diperhitungkan upaya pengelolaan dan pemantauannya.

Sementara itu, Ketua LPPM UHO, La Ode Safuan mengatakan, konsultasi publik yang dilaksanakan untuk mengkaji hal yang dikhawatirkan oleh masyarakat setempat, terhadap rencana pembangunan yang akan dilaksanakan agar masuk dalam kerangka acuan LPPM.

"Konsultasi publik ini juga untuk memaparkan tentang dampak yang akan ditimbulkan, baik secara negatif maupun positif," ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Desa Laworo, La Ode Ida mengapresiasi kegiatan konsultasi publik, pasalnya itu demi kelancaran suatu pembangunan perkantoran dalam kawasan Bumi Praja Laworoku.

Baca Juga: Sal Sabila, Duta Fashion Show STQH Kabupaten Muna Barat Optimis Tembus Kancah Nasional

Ini juga untuk menghindari kontradiktif dari pihak-pihak yang selalu mencari kesalahan pemerintah daerah.

"Keantusiasan masyarakat terhadap adanya perkantoran menunjukkan masyarakat mendukung program pemda," ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada para konsultan untuk menjalankan proyek pembangunan perkantoran agar selalu berkoordinasi dengan tiga wilayah pemerintah setempat, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga