Pemda Bombana Menggalang Sinergi Bangun Pariwisata Ranokomea

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Senin, 26 Februari 2024
0 dilihat
Pemda Bombana Menggalang Sinergi Bangun Pariwisata Ranokomea
Pemda Bombana dalam forum pembuatan masterplan kawasan pariwisata Rakomea. Foto: Ist.

" Untuk meningkatkan kualitas dan mengembangkan potensi wisata wilayah lokal, Pemda Bombana melalui Dinas Pariwisata menyelenggarakan Forum Discussion Group (FGD) "

BOMBANA,TELISIK.ID - Untuk meningkatkan kualitas dan mengembangkan potensi wisata wilayah lokal, Pemda Bombana melalui Dinas Pariwisata menyelenggarakan Forum Discussion Group (FGD).

FGD yang dilaksanakan di Kantor Bupati Bombana, Senin (26/2/2024) ini untuk membahas pembuatan masterplan kawasan wisata Ranokomea.

Forum ini dihadiri oleh Pj Bupati Bombana beserta jajaran pemerintah, Kepala Dinas Pariwisata, juga OPD lainnya bersama dengan peneliti Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan (P-P2Par) dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto mengatakan, Kabupaten Bombana memiliki potensi perkembangan yang sangat besar termasuk salah satunya dalam sektor pariwista.

Baca Juga: Pemda Bombana Tingkatkan Keterbukaan dan Keberlanjutan Keuangan Daerah

Maka dengan itu, kata dia, dibutuhkan perencanaan yang matang dalam proses pengembangan dapat dioptimalkan, dimanfaatkan, serta meningkatkan dampak yang positif.

“Potensi ini dapat dikembangkan secara terkoordinasi, terpadu, efektif serta didukung dengan pembangunan semua sektor yang ada antara lain sektor ekonomi, industri, perdagangan dan tentunya sektor pariwisata,” jelas Pj Bupati Bombana.

Kawasan ini harus dipersiapkan sebaik mungkin melalui penataan ruang dan pembangunan infrastruktur yang memadai, serta menjadi daya tarik dan destinasi wisata unggulan yang dapat menarik minat wisatawan.

Baca Juga: Pemda Bombana Dorong Sinkronisasi Data untuk Peningkatan Pelayanan Publik

Pj Bupati Bombana Edy mengharapkan, agar penyusunan masterplan kawasan wisata terpadu ini dapat menjadi pedoman bagi pemerintah daerah secara menyeluruh dan menjadi dasar dan acuan dalam proses pengembangan kawasan wisata lainnya di Kabupaten Bombana.

Kepala Dinas Pariwisata, Anisa mengatakan, tempat ini menyajikan pemandangan alam yang indah serta kekayaan flora dan fauna serta lingkungan alam yang sejuk.

Selain itu l, seni dan budaya yang sangat beragam, menjadi daya tarik tersendiri di wilayah ini. Kawasan wisata yang meliputi Desa Kondo dan Danau Laponu-ponu sedianya akan dijadikan sebagai salah satu icon di Kabupaten Bombana.

“Kawasan wisata ini merupakan kawasan yang memiliki potensi dan komponen wisata yang cukup menjanjikan,”jelas Kadis Pariwisata Bombana, Anisa. (B)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga