Pemda Kolaka Timur Raih Penghargaan Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 18 April 2024
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Raih Penghargaan Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi
Sekda Kolaka Timur saat menerima penghargaan dalam percepatan menurunkan angka stunting. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemerintah Daerah Kolaka Timur peringkat keempat terbaik dalam pelaksanaan aksi konvergensi upaya percepatan penurunan stunting terintegrasi tahun 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah Kolaka Timur peringkat keempat terbaik dalam pelaksanaan aksi konvergensi upaya percepatan penurunan stunting terintegrasi tahun 2023.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto saat pelaksanaan Musrenbang Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (18/4/2024).

Pada kesempatan tersebut, Andap mengatakan, dalam pelaksanaan tugas pemerintah daerah ada yang namanya reward dan punishment.

"Kalau yang berprestasi kita kasih reward, bagi yang tidak jelas kita ingatkan," jelasnya.

Baca Juga: Pelajar Jadi Penyumbang Terbesar Knalpot Brong Dimusnahkan Polresta Kendari

Andap Budhi Revianto menambahkan, dalam membangun daerah harus didasari data yang akurat dan akuntabel.

"Mari kita sepakati bersama Musrenbang ini sebagai pertemuan yang bermanfaat serta dapat hasilkan produk perencanaan pembangunan yang baik," ujarnya.

Andap mengingatkan agar dapat merumuskan dan musyawarahkan dengan baik hasil produk perencanaan pembangunan ini agar tidak sekedar jadi dan dibuatnya asal-asalan, namun kedepan dapat terlaksana dengan baik dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan.

"Mari kita bersama berikan sumbangsih dan gagasan yang terbaik, bukan untuk kepentingan pribadi dan kelompok, namun semata untuk kemaslahatan umat dan kesejahteraan rakyat Bumi Anoa, Sultra tercinta," pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur Andi Muh. Iqbal Tongasa mengatakan, penghargaan prevelensi penanganan stunting di Kolaka Timur raih peringkat keempat se Sulawesi Tenggara.

"Data stunting ini melalui data Sistem Kesehatan Indonesia (SKI)," jelasnya.

Lanjut Sekda, Pemda Kolaka Timur telah melakukan berbagai upaya dalam menekan prevelensi stunting seperti melakukan rapat pemantapan dalam menekan stunting bersama seluruh dinas terkait.

"Serta dalam hal bantuan-bantuan untuk masyarakat yang terindikasi stunting terus dilakukan," jelas Sekda.

Baca Juga: Perda untuk Dasar Penyusunan RKPD 2025 Sulawesi Tenggara Resmi Berlaku

Selain itu, beber Sekda, dalam percepatan menurunkan angka stunting di tahun 2024 pihaknya akan melakukan pembagian OPD di masing-masing kecamatan untuk dapat berkontribusi langsung.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan program Bapak Asuh yang bertugas dalam membantu percepatan penurunan angka stunting di Kolaka Timur.

Adapun penerima penghargaan peringat pertama dalam pelaksanaan aksi konvergensi upaya percepatan penurunan stunting terintegrasi tahun 2023, yakni Kabupaten Buton.

Peringkat kedua Kabupaten Kolaka, ketiga Kabupaten Kolaka Utara dan kelima Kabupaten Konawe Utara. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga