Pemda Muna Barat Siapkan Beasiswa Kuliah Hingga S2

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 24 Januari 2023
0 dilihat
Pemda Muna Barat Siapkan Beasiswa Kuliah Hingga S2
Pj Bupati Muna Barat bersama FKPM Sidamangura Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Selama ini mahasiswa Muna Barat kurang mendapat perhatian pada bidang prestasi, kini Pemerintah Daerah Muna Barat telah siapkan beasiswa bagi pelajar yang akan menempuh kuliah bagi S1 hingga S2 "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Selama ini mahasiswa Muna Barat kurang mendapat perhatian pada bidang prestasi, kini Pemerintah Daerah Muna Barat telah siapkan beasiswa bagi pelajar yang akan menempuh kuliah bagi S1 hingga S2.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pemerintah daerah hadir mendengarkan berbagai masukan mahasiwa, secara kelembagaan pemerintah  daerah menginginkan untuk membentuk Kesatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (KEPMI) Muna Barat agar terarah.

"Kita (pemda) supaya tahu jumlah mahasiswa di luar itu berapa, supaya ditahu kendala apa yang dihadapi," ungkap Bahri, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Dana Bergulir Pemda Muna Barat Rp 7 Miliar Berpotensi Macet

Ia mengatakan, selain pembangunan asrama mahasiswa Muna Barat, pemerintah daerah juga telah menyiapkan anggaran beasiswa pada APBD 2023 untuk mahasiswa S1 dan S2 kurang lebih Rp 1 miliar, yang nantinya mahasiswa dapat memperoleh dengan membuktikan melalui jalur prestasi dan keagamaan.

"Jalur prestasi dengan melihat IPK minimal 3,70 ke atas dan jalur keagamaan yaitu bagi penghafal Alquran," ungkapnya.

Baca Juga: Pemuda Segudang Prestasi Ini Dinilai Kurang Mendapat Perhatian Pemda Muna Barat

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Muna Barat, La Karimu mengatakan, hal itu sebagai usaha pemerintah daerah menghargai pendidikan dan mahasiswa yang berprestasi, namun dalam jalur berprestasi itu, pemerintah juga melihat jalur keagamaan, mengingat di Muna Barat banyak penghafal Alquran, maka perlu diperhatikan pula.

Namun, dalam proses jalur keagamaan akan dilakukan seleksi bagi calon penerima beasiswa tersebut. Sementara untuk jalur prestasi ditetapkan minimal IPK 3,7 ke atas, sebab banyak pula mahasiswa Muna Barat yang mampu meraih IPK mencapai 4,00.

"Banyak guru-guru mengaji yang butuh beasiswa, namun perlu diseleksi dulu penglafalan Alqurannya, tidak hanya melihat IPK-nya saja," ujar La Karimu. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga