Pemkab Buton Tengah Dukung BPN Canangkan Gema Patas

Mutarfin, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
Pemkab Buton Tengah Dukung BPN Canangkan Gema Patas
Pj Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup saat melakukan pemasangan patok batas tanah. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Buton Tengah mendukung pencanagan gerakan masyarakat pemasangan tanda batas (gema patas) "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah mendukung pencanagan gerakan masyarakat pemasangan tanda batas (gema patas).

Kepala Kantor Pertanahan Buton Tengah, Mashud Lukman menjelaskan, pencanangan gema patas itu bertempat di Desa Waliko Kecamatan Gu.

"Gema patas adalah merupakan program Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk  percepatan pendataan tanah sistematis lengkap (PTDL) yang digelar serentak seluruh Indonesia," jelasnya, Senin (6/2/2022).

Baca Juga: Warga Buton Tengah Dibekuk Hendak Bom Ikan

Pj Bupati Buton Tengah Buton Tengah, Muhammad Yusup menyatakan, melalui kegiatan gema patas 2023, masyarakat diajak serentak untuk memasang patok di tanahnya sebagai tanda batas.

"Sebab tanah merupakan aset yang memiliki nilai ekonomi sehingga dijaga untuk mencegah potensi terjadinya sengketa yang disebabkan tanda batas, sesuai dengan tema gema patas  2023," ucapnya.

Baca Juga: Keramahan Anak-Anak Pesisir Buton Tengah

Muh Yusup juga mengajak masyarakat untuk mendukung sepenuhnya gema patas 2023.

Selain itu masyarakat Kecamatan Mawasangka, Lutfan memgaku senang, adanya kabar program pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk percepatan pendataan tanah sistematis lengkap.

"Memang benar saat ini mayoritas masyarakat masih mengunakan patok-patok biasa dalam menandai batas-batas wilayahnya, dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu masyarakat," harapnya. (A-Adv)

Penulis: Mutarfin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga