Pemkab Muna Kembangkan Tanaman Porang

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 17 September 2020
0 dilihat
Pemkab Muna Kembangkan Tanaman Porang
Tanaman Porang. Foto: Ist.

" Saat ini kita masih melakukan sosialisasi pada petani. "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) mulai membantu petani dalam mengembangkan tanaman porang.  

Kadis TPHP Muna, La Ode Anwar Agigi mengatakan, tanaman jenis umbi-umbian itu memiliki nilai ekonomis tinggi dan sangat dilirik oleh pihak industri untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air dan juga untuk pembuatan lem. Untuk harga perkilogram tanaman itu di Kota Kendari mencapai Rp 10 ribu.

"Saat ini kita masih melakukan sosialisasi pada petani," kata Anwar Agigi, Kamis (17/9/2020).  

Rencananya, tananam itu mulai dikembangkan di beberapa kecamatan. Antara lain di Desa Kondongia, Kecamatan Lohia dan Desa Raimuma, Latompa, Kecamatan Maligano.

Baca juga: Gugat Pansus DPRD, Anggota Dewan Busel Terancam PAW

"Tanaman itu bisa tumbuh dengan baik di Muna dan perawatannya tidak susah," ungkapnya.

Untuk membantu petani dalam mengembangkan tanaman itu, DTPHP telah menjalin kerja sama dengan Bank BNI yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil kredit tanpa perlu anggunan.

"Kreditnya cukup ringan," sebutnya.

Tanaman porang, tambah mantan Sekretaris Dinas PUPR itu nantinya akan dijadikan komoditi unggulan bersama dengan kelor dan jambu mete yang akan dipasarkan hingga ke luar daerah.

"Ketiga tanaman itu (porang, kelor dan jambu mete) sangat menjanjikan yang bisa meningkatkan pendapatan petani," pungkasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga