Pemkab Muna Pasang WiFi Gratis di 40 Titik dan Segera Menyusul Tahap Kedua

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 09 September 2024
0 dilihat
Pemkab Muna Pasang WiFi Gratis di 40 Titik dan Segera Menyusul Tahap Kedua
Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta dan Kadis Kominfo, Muhamad Haidar. Foto : Ist.

" Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, Sulawesi Tenggara, untuk memberikan layanan internet gratis bagi masyarakat, terutama di wilayah-wilayah yang belum tersedia jaringan internet atau blankspot, membuahkan hasil "

MUNA, TELISIK.ID - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, Sulawesi Tenggara, untuk memberikan layanan internet gratis bagi masyarakat, terutama di wilayah-wilayah yang belum tersedia jaringan internet atau blankspot, membuahkan hasil.

Berkat komunikasi yang dilakukan Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta, bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo), Muhamad Haidar, Kementerian Kominfo menyanggupi untuk pemasangan jaringan internet di 40 titik.

Bachrun mengatakan, layanan jaringan internet gratis ini dipasang di sekolah-sekolah, balai desa, kantor kepolian sektor (polsek), dan area layanan publik lainnya. Internet yang akan dinikmati disalurkan melalui WiFi sehingga bisa digunakan masyarakat secara gratis.

Baca Juga: Polres Muna Akhirnya Tahan Kades Matombura Tersangka Pencabulan dan Diancam 15 Tahun Penjara

“40 titik ini untuk tahap I, insyaAllah, setelah pemasangannya selesai akan ada tahap II,” kata Bachrun, Senin (9/9/2024).

Ia berharap dengan WiFi gratis dapat mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi yang dibutuhkan dan menyelesaikan tugas-tugas melalui jaringan internet. Bachrun meminta fasilitas internet yang disediakan harus dijaga dengan baik oleh masyarakat.

“Penyediaan layanan internet ini menjadi kewajiban Pemkab (Muna), makanya saya berharap bisa dimanfaatkan dan dijaga dengan baik,” terangnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Muna, Muhamad Haidar, menerangkan bahwa pemasangan WiFi telah dilakukan oleh PT Angkasa Prima Teknologi dan PT Mahaga Pratama. Titik-titik atau hotspot yang telah menyediakan akses internet sudah bisa langsung digunakan.

Baca Juga: Sekda Muna Ingatkan ASN Jangan Mudah Terpecah Belah Karena Pilkada

Kapasitas akses WiFi gratis ini bisa melayani 50 pengguna dengan radius atau jarak jangkauan hingga 50 meter.

“WiFi ini gratis selama-lamanya. Pemasangannya ditarget tuntas 15 hari,” terang Haidar.

Pemasangan di 40 titik ini, menurut Haidar, sebagai pintu masuk untuk mendapatkan bantuan tahap kedua. Camat, kepala desa, dan lurah yang kesulitan jaringan internet diminta segera mengajukan usulan titik lokasi pemasangan jaringan internet sehingga bisa diteruskan ke Kementerian Kominfo. (B)

Penulis : Sunaryo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga