Pemkab Muna Tempatkan Dokter Tiap Puskesmas

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 01 Juli 2020
0 dilihat
Pemkab Muna Tempatkan Dokter Tiap Puskesmas
Kadinkes Muna, La Ode Rimba Sua. Foto: Sunaryo/Telisik

" Sesuai kebijakan Pak Bupati, dokter akan ditempatkan disetiap Puskesmas. "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Sebagai bukti, Pemkab akan menempatkan tenaga dokter di setiap Puskesmas.

"Sesuai kebijakan Pak Bupati, dokter akan ditempatkan disetiap Puskesmas,"  kata La Ode Rimba Sua, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Muna.

Tenaga dokter yang ditempatkan itu dikontrak oleh Pemkab. Gaji mereka sebulan sebesa Rp 7 juta. Kontrak mereka selama setahun, dan bisa diperpanjang.

"Gajinya bersumber dari APBD," sebutnya.

Baca juga: Manfaatkan Lahan Sempit dengan Budidaya Ikan dalam Ember

Penempatan dokter kontrak di Puskesmas sudah dilakukan sejak tahun 2019 lalu. Tahun ini kembali ditambah 15 orang dokter jebolan Universitas Haluolep (UHO), Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yang akan ditempatkan di Puskesmas Bone, Wapunto, Dana, Labasa, Wakobalu, Tongkuno, Pasikolaga, Batukara, Lasalepa, Bone, Watopute, Kabangka dan Pasir Putih.

"Yang ditempatkan adalah dokter umum dan dokter gigi," ujarnya.

Selain dokter, Dinkes juga akan mengadakan fasilitas penunjang Puskesmas berupa mobil ambulance. Tahun ini, ada enam unit yang diadakan bersumber dari dana afirmasi.

"Peruntukannya, nanti kita lihat sesuai kondisi wilayah. Kita prioritaskan dulu untuk wilayah Muna Timur," pungkasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga