Pemkot Resmi Ambil Alih Pasar Basah Mandonga

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 13 Februari 2023
0 dilihat
Pemkot Resmi Ambil Alih Pasar Basah Mandonga
Pengelolaan Pasar Basah Mandonga resmi diambil alih oleh pemkot yang bertempat di halaman Pasar Basah Mandonga. Foto: Ist.

" Setelah 20 tahun dikelola oleh PT Kurnia Sulawesi Karyatama, kini pengelolaan Pasar Basah Mandonga resmi diambil alih oleh Pemerintah Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah 20 tahun dikelola oleh PT Kurnia Sulawesi Karyatama, kini pengelolaan Pasar Basah Mandonga resmi diambil alih oleh Pemerintah Kota Kendari.

Penyerahan pengelolaan Pasar Basah Mandonga, bertempat di halaman Pasar Basah Mandonga yang ditandai dengan penandatanganan berita acara, disaksikan puluhan pedagang, serta forkopimda.

Penyerahan pengelolaan Pasar Basah Mandonga itu mendapat dukungan dan sambutan baik dari puluhan pedagang yang ikut menyaksikan secara langsung. Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, hadir dan menerima penyerahan pengelolaan pasar tersebut.

Ia mengatakan penyerahan pengelolaan Pasar Mandonga ini menjadi tantangan bagi pemerintah kota dalam menjawab keinginan para pedagang.

Baca Juga: Tak Punya Itikad Baik, PT Kurnia Harus Benahi Pasar Basah Mandonga Sebelum Kontrak Habis

“Ini tantangan bagi pemkot untuk menghadirkan pasar yang lebih nyaman, lebih bagus, lebih bersahabat baik pada pedagang dan pembeli,” ujar Asmawa, Senin (13/2/2023).

Setelah mengambil alih, pemkot juga akan menggratiskan sewa kios dan lapak pedagang selama tiga bulan, terhitung sejak Februari, Maret dan April mendatang.

Itu merupakan kado ulang tahun pemkot pada pedagang di momen perayaan HUT ke-192 Kota Kendari pada 9 Mei 2023 mendatang, juga sebagai pengendalian inflasi.

Asmawa berharap, penyerahan pengelolaan pasar Mandonga itu, pelayanan terhadap pedagang semakin baik. Namun para pedagang harus membantu pemerintah dalam menjaga kebersihan pasar.

"Dari sisi pelayanannya, bisa menghadirkan pasar tradisional, tapi citarasa modern itu harapan pemerintah kota,” ujarnya.

Di masa transisi, pengelolaan pasar akan dilakukan Dinas Perdagangan dan UMKM Kota Kendari, sembari melakukan pembenahan seperti perbaikan masjid dan penyediaan mesin pompa air di lantai dasar.

Baca Juga: Soal Pasar Basah Mandonga, PT Kurnia: Tak Penuhi Kewajiban Karena Harga Kios Tidak Naik

Selain itu, Kepala Dinas Perdagangan dan UMKM Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae mengatakan, Pj wali kota telah memberi SK pengelolaan Pasar Basah Mandonga.

Setelah melakukan pembenahan, Pemerintah Kota Kendari akan kembali menyerahkan pengelolaan pasar pada pihak ke tiga, namun dengan sistem yang lebih baik.

Setelah penyerahan dari PT Kurnia Sulawesi Karyatama ke pemkot dalam hal ini juga berakhirnya kontrak pada 10 Februari kemarin, maka secara otomatis, aset yang ada telah diserahkan pada pemkot

"Selain itu kami ada waktu beberapa bulan untuk melakukan pembenahan, baik secara fisik maupun aturan yang berlaku, Insya Allah dalam waktu dekat ini," tutupnya. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga