Pemkot Serahkan APD Kepada Tenaga Medis

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Selasa, 14 April 2020
0 dilihat
Pemkot Serahkan APD Kepada Tenaga Medis
Wali Kota Baubau, AS. Tamrin. Foto: Ridwan Amsyah/Telisik

" Jadi hari ini itu kita serahkan APD kepada para petugas kesehatan, barang ini selazimnya dari urungan tangan, kepedulian sumbangan kemanusiaan dari OPD Kota Baubau. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Baubau memberikan Alat Perlindungan Diri (APD) kepada tenaga medis Kota Baubau, berasal dari sumbangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Baubau.

"Jadi hari ini itu kita serahkan APD kepada para petugas kesehatan, barang ini selazimnya dari urungan tangan, kepedulian  sumbangan kemanusiaan dari OPD Kota Baubau," ucap Wali Kota Baubau Dr H As Tamrin MH di Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Baubau, Selasa (14/04/2020).

"Ini juga dilakukan mendahului bantuan dari pusat, karena lama mekanismenya dari pusat. Kita juga sudah mendanakan dari APBD untuk membeli tetapi lama juga," lanjutnya.

Baca juga: Polda Sultra Akan Tindak Masyarakat Tolak Jenazah COVID-19

Sebanyak 30 set APD level 3, dan 100 set  APD level 2 diperuntukkan kepada 17 puskesmas di seluruh Kota Baubau.

"Berkat sumbangan para OPD termasuk 2 bulan gaji saya, Alhamdulillah terkumpul 200 juta lebih,"  ujarnya.

"30 set APD level 3 dan 100 set APD level 2 yang dipesan dari UMKM Kota Baubau, kalau yang level 1 kan yang lengkap, dan kita juga sementara pesan," jelasnya.

Wali kota juga menyampaikan secara simultan akan ada bantuan dan tidak menunggu dari pusat ataupun provinsi.

Baca juga: 18 Warga Muna Positif Rapid Test Jalani Swab

"Hal-hal semacam begini adalah emergensi, tidak bisa kita menunggu dari pusat atau pun provinsi. Makanya itu saya beri stimulus kepada teman-teman OPD, dari saya sumbangkan 2 bulan gajiku, dan ternyata mereka mengikut," tambahnya.

Dana Rp 200 juta tersebut tidak hanya diperuntukan APD tenaga medis. Juga tercatat ada 60 pasang baju untuk petugas COVID-19, Hands Coen panjang 85 pasang, Face Shield 20 buah, Apron 6 dos, dan Baju Hazmat/Coverall 50 lembar.

 

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga