Pemprov Tingkatkan Kualitas dan Validasi Data lewat Aplikasi Simdata

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
Pemprov Tingkatkan Kualitas dan Validasi Data lewat Aplikasi Simdata
Peserta bimtek aplikasi Simdata yang digelar di Diskominfo Sulawesi Tenggara dengan melibatkan OPD. Foto: Ist.

" Guna menyediakan data berkualitas sebagai sumber informasi utama, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sulawesi Tenggara menggelar bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Simdata "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna menyediakan data berkualitas sebagai sumber informasi utama, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sulawesi Tenggara menggelar bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Simdata.

Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio yang membuka kegiatan itu menyampaikan, bimtek dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh OPD pentingnya menyediakan data statistik sektoral yang terpusat.

Ia mengatakan, di era otonomi daerah dan digital, pemanfaatan data sektoral yang akurat dan kredibel tidak hanya terbatas pada penggunaan internal antar instansi pemerintah, melainkan secara eksternal sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data bagi masyarakat.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Kembar Kali Kadia Dinilai Ganggu Perkuliahan STIMIK Bina Bangsa

"Oleh karena itu, aplikasi Simdata yang menyajikan informasi lintas sektor diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut," tuturnya, Senin (6/2/2023).

Selain itu, prinsip-prinsip good governance dan clean governance, maka setiap penyelenggaraan harus memenuhi prinsip-prinsip yang baik, makin bersih, makin transparan dan akuntabel.

Melalui data-data statistik yang tersaji pada aplikasi Simdata diharap memberi gambaran representatif mengenai kemajuan pembangunan dan perkembangan lain di Sulawesi Tenggara.

"Bagi para pemangku kepentingan, kami harapkan data-data yang disajikan pada aplikasi Simdata dapat dipergunakan sebagai perencanaan, monitoring serta evaluasi kebijakan. Sedangkan bagi institusi pendidikan, swasta atau masyarakat umum, data-data tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai rujukan informasi," bebernya.

Kepala Dinas Kominfo Sulawesi Tenggara, Ridwan Badallah mengatakan, bimtek aplikasi Simdata sendiri untuk memastikan aksesibilitas data dan transparan yang baik yang dilakukan dengan beberapa hal, antara lain:

- Penyediaan data secara online.

- Standarisasi data.

- Koordinasi dengan pemangku kepentingan.

- Monitoring dan evaluasi.

"Dengan mengimplementasikan aplikasi satu data, pemerintah dapat memastikan bahwa pelayanan publik yang diberikan lebih efisien dan elektif," tuturnya.

Baca Juga: Besok Sweeping Kendaran di Kota Kendari Dimulai

Mengutip Jogloabang.com, Simdata sendiri berdasarkan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu datta Indonesia pasal 10 Ayat (3) huruf a. yaitu forum satu data Indonesia akan menyepakati: kode referensi atau data Induk dan instansi pusat yang unit kerjanya menjadi Walidata atas kode referensi atau data induk tersebut.

Adapun penyelenggara satu data Indonesia tingkat pusat dilaksanakan oleh: dewan pengarah, pembina data tingkat pusat, walidata tingkat pusat dan produsen data tingkat pusat.

Selain itu, dengan adanya bimtek aplikasi simdata ini tidak ada lagi data yang tumpang tindih antara opd satu dengan opd yang lainnya. Dengan begitu ini menjadi upaya untuk terus meningkatkan pengelolaan data statistik sektoral Sulawesi Tenggara menjadi semakin baik ke depannya. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga