Pengamat Politik Tanggapi Elektabilitas ASR

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 30 Juli 2023
0 dilihat
Pengamat Politik Tanggapi Elektabilitas ASR
Pengamat politik, M Najib Husain menyebut ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan dalam menilai elektabilitas calon Gubernur Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Update hasil survei terbaru preferensi sosial dan politik masyarakat Sulawesi Tenggara dari Lembaga riset independen, Charta Politika Indonesia mendapat tanggapan dari pengamat politik "

KENDARI, TELISIK.ID - Update hasil survei terbaru preferensi sosial dan politik masyarakat Sulawesi Tenggara dari Lembaga riset independen, Charta Politika Indonesia mendapat tanggapan dari pengamat politik.

Pengamat politik sekaligus dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)  Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, M Najib Husain menyebut, berbicara mengenai elektabilitas memiliki indikator.

"Kalau kita bicara tentang survei, maka yang menjadi alat ukurnya adalah metodologinya. Kita coba liat metodologinya seperti apa?" tuturnya, pada awak media, Minggu (30/7/2023).

Ia menambahkan, jika metodologi yang diterapkan sudah sesuai dengan standar-standar keilmuan, maka hasil tersebut bisa diterima. Namun, bila metodologinya tidak memenuhi standar-standar keilmuan, baik itu berapa jumlah responden, kemudian teknik penarikan responden seperti apa, dan di mana wilayah pengambilan sampelnya.

Baca Juga: Tina Nur Alam Resmi Pimpin IKA FISIP UHO Kendari

"Kalau semua indikator terpenuhi, maka indikator tersebut kita bisa terima. Tapi kalau indikator tersebut tidak terpenuhi, maka jangan menggiring opini publik ke arah yang tidak benar," tambahnya.

Selain itu, Najib menilai hasil poling dari elektabilitas belum bisa dijadikan acuan. Selain itu, ia juga menambahkan jika pemilih dewasa dan pemilih tradisional di Sulawesi Tenggara telah memiliki pemahaman terkait nama-nama calon gubernur

Sebelumnya, hasil survei mencatat elektabilitas tokoh terkemuka menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara tahun 2024 mendatang.

Nama Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Andi Sumangerukka (ASR) berada di posisi teratas poling elektabilitas tertinggi sebagai calon Gubenur Sulawesi Tenggara.

Direktur Riset Charta Politika Indonesia, Dadang Nurjaman pada beberapa waktu lalu menyampaikan, dalam dua periode survei berbeda, sejumlah calon potensial dihadirkan untuk mengetahui tingkat elektabilitasnya di mata masyarakat.

"Ini memberikan wawasan baru mengenai dinamika politik yang sedang berkembang di Sulawesi Tenggara," ujarnya.

Lembaga Riset Charta Politika Indonesia mencatat, hasil periode pertama menempatkan ASR di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 18.5 persen. Diikuti oleh Kery Saiful Konggoasa yang saat ini menjabat sebagai Bupati Konawe dengan 15.9 persen.

Serta di posisi ketiga ada nama Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (2019-2023) Lukman Abunawas dengan 11.3 persen.

Baca Juga: PKB Sultra Gelar Tasyakuran Harlah PKB ke-25 Bersama Anak Yatim

Pada periode kedua survei, jumlah nama calon yang diikutsertakan bertambah menjadi delapan tokoh.

Nama ASR tetap mempertahankan posisi teratas dengan elektabilitas meningkat signifikan menjadi 20.3 persen.

Diikuti oleh Kery Saiful Konggoasa di posisi kedua, juga mengalami peningkatan elektabilitas menjadi 17.5 persen.

Lukman Abunawas, meskipun mengalami peningkatan kecil, tetap berada di tiga besar dengan elektabilitas 12.8 persen. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga