Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 12 Januari 2023
0 dilihat
Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja
Penggunaan media sosial sangat berpengaruh terhadap lingkungan dan perilaku remaja. Foto: Ist.

" Tidak hanya memberikan dampak positif, medsos juga memberi dampak negatif kepada penggunanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Media sosial (medsos) menjadi sarana untuk bersosialisasi dengan orang lain dan memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Medsos telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, bahkan pengguna medsos terdiri dari berbagai kalangan termasuk remaja.

Tidak hanya memberikan dampak positif, medsos juga memberi dampak negatif kepada penggunanya. Salah satu dampak negatif yang dirasakan remaja pengguna medsos adalah mementingkan bermain medsos dibandingkan keluarga, teman-teman di dunia nyata, hingga waktu istirahat mereka.

Salah satu remaja di Kota Kendari, Yuyun mengatakan, dengan melihat postingan orang-orang di medsos, dia jadi punya referensi fashion apa yang sedang trend.

"Saya punya lebih banyak teman di medsos, jadi saya bisa tau apa yang bagus digunakan saat ke pantai, tempat nongkrong atau saat ngumpul dengan teman untuk mengerjakan tugas," ujar Yuyun.

Baca Juga: Alami KDRT Venna Melinda Pernah Ungkap Ferry Irawan Suka Ngamuk Jika Tak Diberi Jatah

Hal serupa juga diungkapkan oleh Awal, mahasiswa baru di Universitas Halu Oleo. Baginya, medsos jadi tempat mencari informasi dan melihat perkembangan di daerah-daerah lain.

"Saya mengakses medsos bisa sampai 15 jam sehari dan dunia saya memang tidak lepas dari medsos, apalagi saya juga setiap hari bermain game online," ujar Awal saat diwawancarai Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Ant-Man 3 Rilis Trailer Terbaru Buat Fans Marvel Kendari Tak Sabar Nonton

Peran dari orang tua sangat penting dalam mengawasi anaknya yang bermain media sosial. Orang tua juga bisa mengajarkan anak untuk membatasi waktu bermain media sosial.

Dilansir dari Kumparan.com, psikolog Citra Ayi Safitri mengatakan, semakin lama waktu yang remaja habiskan untuk mengakses media sosial, bisa berdampak pada kegiatan produktifnya sehari-hari.

"Tanpa pengawasan orang tua, remaja juga bisa bergabung pada komunitas-komunitas yang tidak begitu jelas yang bisa mengambil keuntungan dari remaja itu tanpa disadari," ujar Citra. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga