Pengerjaan Listrik Terus Berlanjut, Dua Pulau di Wakatobi Menuju Terang 24 Jam

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Selasa, 30 Mei 2023
0 dilihat
Pengerjaan Listrik Terus Berlanjut, Dua Pulau di Wakatobi Menuju Terang 24 Jam
Progres pengerjaan listrik 24 jam terus berlanjut di dua pulau Wakatobi. Foto: Repro Facebook Wakatobi Sentosa

" Pengerjaan konstruksi listrik sedang berjalan di Pulau Kaledupa dan Pulau Binongko. Tidak lama lagi, dua pulau itu akan dialiri listrik 24 jam "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pengerjaan konstruksi listrik sedang berjalan di Pulau Kaledupa dan Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi. Tidak lama lagi, dua pulau itu akan dialiri listrik 24 jam.

Tahun 2021 telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman sinergis pengembangan dan pengoperasian ketenagalistrikan antara Pemerintah Kabupaten Wakatobi dan PT PLN (Persero) UIW Sulselbar di Makassar. Dan di tahun 2023 baru bisa terealisasikan. Saat ini, proses pengerjaan listrik sedang dilakukan.

Berdasarkan penjelasan dari Kepala Pengawas, Jamal, untuk Pulau Kaledupa, fondasi mesin dan trafo telah rampung. Saat ini sedang dilakukan pengerjaan fondasi sebagai tempat duduknya mesin dan trafo di Pulau Binongko. Dengan estimasi, akan diselesaikan dalam kurun waktu 1 minggu.

"Jika tidak ada halangan, fondasi mesin dan trafo di Pulau Binongko akan diselesaikan dalam waktu 1 minggu," kata Jamal saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga: 2022, Pulau Kaledupa dan Binongko Dialiri Listrik 24 Jam

Ia mengatakan, setelah fondasi mesin dan trafo di Pulau Binongko rampung, kemudian mesin akan bergeser dari Makassar dan didistribusikan ke Pulau Kaledupa dan terakhir ke Pulau Binongko.

Penanggung jawab PLTD Binongko, Alan, mengungkapkan, pembahasan listrik dengan Pemda Wakatobi telah lama dilakukan. Sebelumnya Pemda Wakatobi akan memberikan bantuan berupa bahan bakar. Namun PLTD Binongko, dengan berbagai pertimbangan dari sisi teknis, itu tidak bisa dilakukan. Karena mesin yang tersedia saat ini tidak mampu beroperasi dengan baik jika dipaksakan 24 jam.

"Awalnya pemda akan memberikan bantuan berupa bahan bakar mesin. Tapi, kalau dilihat dari sisi teknis, itu tidak bisa dilakukan," ujarnya kepada Telisik.id, Senin (30/5/2023) malam.

Melihat kondisi itu, Pemda Wakatobi melakukan pengadaan mesin listrik baru untuk PLTD Binongko, sebagai solusi merealisasikan listrik menyala 24 jam.

Baca Juga: Dua Pulau di Wakatobi Segera Dialiri Listrik 24 Jam

"Mesinnya saat ini belum datang ke Pulau Binongko. Dilihat dari spesifikasinya yang dikirim melalui WhatsApp, listrik menyala 24 jam di Pulau Binongko bisa terealisasikan," tambah Alan.

Proses pengerjaan sedang dilakukan. Harapannya setelah dialiri listrik 24 jam, masyarakat Pulau Binongko memperhatikan pemakaian listrik sehingga tidak melonjak signifikan. Dan daya listrik tidak terbuang sia-sia.

"Tidak lama lagi Pulau Binongko dialiri listrik 24 jam. Masyarakat harus lebih memperhatikan pemakaian listrik nantinya, sehingga tidak ada yang terbuang percuma," sarannya. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga