Peringati Hari Lahir Pancasila, Sekda Konawe: Mari Amalkan Nilai-nilainya

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 01 Juni 2023
0 dilihat
Peringati Hari Lahir Pancasila, Sekda Konawe: Mari Amalkan Nilai-nilainya
Pemkab Konawe gelar upacara bendera peringati hari lahir Pancasila tahun 2023. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Konawe lakukan upacara bendera dalam memperingati hari lahir Pancasila tahun 2023, di halaman kantor Bupati "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe lakukan upacara bendera dalam memperingati hari lahir Pancasila tahun 2023, di halaman kantor Bupati, Kamis (1/6/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapan menjelaskan, Pancasila dan nilai-nilai yang di kandungnya merupakan falsafah dasar dan pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi kekuatan pemersatu bangsa.

"Dan sumber segala sumber hukum yang ada di negara Indonesia," ungkapnya.

Ferdinand mengatakan, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan media statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada.

Baca Juga: Kery Saiful Konggoasa Apresiasi Polres Konawe Atas Pengungkapan Kasus 4,3 Kg Sabu

"Sekaligus sebagai bintang penuntun dinamis, yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri negara," jelasnya.

Ferdinand menambahkan, Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia, menjadi konsesus nasional untuk itu sudah selayaknya bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bertanah air.

Lanjut Ferdinand, Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual, aktual, serta pengalaman religius bangsa Indonesia.

"Dengan demikian Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, historis maupun kultural," tambahnya.

Ia juga mengatakan, nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama dan saling menghormati.

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari," lanjutnya.

Ferdinand mengajak seluruh masyarakat Konawe agar terus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Melansir dari kemendikbud.go.id, menjelang kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, tepatnya pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni  

1945, para pendiri bangsa dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia  (BPUPKI) menyepakati bahwa Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia.

Baca Juga: Polda Sulawesi Tenggara Apresiasi Penangkapan 4,3 Kg Sabu di Konawe

Dalam  menyusun ideologi negara bangsa yang majemuk, Pancasila digali dari nilai luhur budaya bangsa di nusantara dan memiliki makna yang dinamis dan universal.

Sebagai sebuah  ideologi, Pancasila juga merupakan sebuah prinsip dalam menyelenggarakan pemerintahan Indonesia di segala zaman.

Pancasila, hingga saat ini, tetap relevan di tengah dinamika. Prinsip-prinsip Pancasila perlu kita jaga dalam seluruh aktivitas negara. Di tengah padatnya kegiatan dalam melaksanakan tugas, mari kita sejenak berefleksi dan memahami filosofi yang menjadi nyawa negara Indonesia. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga