Pj Bupati Buton Selatan Parinringi Pastikan Harga Sembako Stabil di Pasar Rakyat Bandar Batauga

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Minggu, 11 Agustus 2024
0 dilihat
Pj Bupati Buton Selatan Parinringi Pastikan Harga Sembako Stabil di Pasar Rakyat Bandar Batauga
Pj Bupati Buton Selatan, Parinringi saat sidak harga bahan pokok di Pasar Bandar Batauga, Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Pj Bupati Buton Selatan Parinringi Pastikan Harga Sembako Stabil di Pasar Rakyat Bandar Batauga "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Penjabat (Pj) Bupati Buton Selatan, Parinringi, melakukan inspeksi mendadak untuk memantau harga sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) di Kompleks Pasar Rakyat Bandar Batauga, Minggu (11/8/2024).

Pemantauan harga oleh Parinringi dilakukan terutama terhadap bahan pokok yang sering mengalami inflasi. Dia mengatakan bahwa harga masih relatif stabil, khususnya cabai, bawang merah, bawang putih, beras, minyak goreng, dan kebutuhan pokok lainnya.

“Masih dalam harga yang dapat dijangkau oleh kantong masyarakat Buton Selatan. Sampai hari ini antuasias masyarakat untuk datang berbelanja di Pasar Rakyat Bandar Batauga masih cukup tinggi,” kata Parinringi.

Parinringi menilai antusias itu dengan padatnya pengunjung pasar. Dia pun memastikan harga kebutuhan pokok untuk beberapa bulan ke depan masih dapat terkendali dan stabil.

Baca Juga: KPU Buton Selatan Tetapkan 66.008 Pemilih Sementara dan Temukan NIK Ganda

“Sekalipun saat ini sejumlah harga pokok masih stabil dan inflasi masih dapat terkendali, namun kami tetap melaksanakan sidak pasar agar dapat menekan atau bahkan menurunkan inflasi,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan merencanakan memberikan subsidi untuk penanaman bawang merah dan cabai kepada kelompok masyarakat tani. Sementara saat ini masih mengupayakan kepada masyarakat agar dapat mendapatkan bantuan sembako gratis.

“Pada tahun 2025 nanti akan diupayakan kemudahan untuk akses operasional pasar yang maksimal untuk seluruh pedagang. Tentu semua dilakukan untuk kenyamanan bagi para pedagang maupun pengunjung Pasar Rakyat Bandar Batauga,” jelas Parinringi.

Pasar Rakyat Bandar Batauga belum beroperasi setiap hari dan hanya pada hari tertentu, tidak seperti pasar pada umumnya.

Baca Juga: Pemkab Buton Selatan Raih Penghargaan UHC, Bentuk Komitmen Kualitas Kesehatan Terbaik

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Buton Selatan, Isur Hanafsan, mengatakan saat ini cadangan beras masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Perihal jumlah stok beras Buton Selatan yang ada di Bulog Kota Baubau, pihaknya masih melakukan koordinasi. “Ada sebanyak 69 ton beras bakal dikucurkan kepada seluruh masyarakat dalam program beras gratis,” kata Isur. 

Berikut harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Rakyat Bandar Batauga:

- Bawang putih Rp 15.000/liter dan Rp 50.000/kg

- Bawang merah Rp 38.000/liter

- Tomat Rp 6.000/kg

- Cabai Rp 60.000/kg dan Rp 20.000/liter

- Telur ukuran jumbo Rp 54.000/rak dan Rp 52.000/rak

- Minyak goreng Rp 19.000/liter dan Rp 45.000/2 liter

- Beras ketan Rp 20.000/liter

- Beras Rp 330.000/25 kg, Rp 400.000/50 kg, Rp 165.000/10 kg, dan Rp 65.000/5 kg. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga