Pj Bupati Kolaka Utara Launching Penyaluran BLT BBM Tahap Dua

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 28 November 2022
0 dilihat
Pj Bupati Kolaka Utara Launching Penyaluran BLT BBM Tahap Dua
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi, menyerahkan bantuan BLT BBM dan bansos sembako kepada salah satu PKM di Kantor Pos Lasusua disaksikan Ketua DPRD Kolaka Utara, Forkopimda, Kadis Sosial dan Kepala Cabang Pos Lasusua. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara Parinringi, melaunching penyaluran bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) tahap dua dan bantuan sosial (bansos) sembako periode Oktober hingga Desember dari Kementrian Sosial (Kemensos) "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara Parinringi, melaunching penyaluran bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) tahap dua dan bantuan sosial (bansos) sembako periode Oktober hingga Desember dari Kementrian Sosial (Kemensos).

Menurut Parinringi, BLT BBM ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk menekan laju inflasi pasca pemerintah pusat menaikan harga BBM beberapa bulan lalu.

"Kegiatan serupa akan berlanjut karena ini program nasional yang selenggarakan di tingkat provinsi dan kabupaten," terangnya, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Organisasi Profesi Kesehatan Jawa Timur Tolak RUU Omnibus Law Kesehatan

Kadis DPMPTSP Sulawesi Tenggara ini berharap, bantuan yang telah diberikan pemerintah tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan digunakan sesuai peruntukannya.

Foto bersama Pj Bupati Kolaka Utara, Ketua DPRD Kolaka Utara, forkopimda, Kadis Sosial, dan KMP BLT BBM tahap II dan bansos sembako. Foto: Muh Risal H/Telisik

 

"Semoga bantuan ini bermanfaat, meski jumlahnya tidak seberapa dan dapat mencegah serta menekan inflasi di Sulawesi Tenggara terkhusus di Kolaka Utara," tukasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan secara nasional ada beberapa daerah yang inflasinya tinggi, namun Kabupaten Kolaka Utara masih normal.

"Alhamdulillah Kolaka Utara tidak termasuk daerah yang inflasinya tinggi," ucapnya.

Hhal itu berkat kerjasama pemerintah daerah dan Forkopimda yang telah berupaya mencegah inflasi dengan menggelar operasi pasar murah, pembagian sembako juga penanaman cabai, tomat dan bawang untuk kelompok dan masyarakat.

"Kami berharap ini semua dapat bermanfaat," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial  Kolaka Utara,  Saenal Ahmad mengungkapkan, bantuan BLT BBM tahap dua ini disalurkan oleh Pos Cabang Lasusua dan Lapai. Data penerima bantuan tersebut bersumber dari Kementerian Sosial dalam bentuk By Name By Address (BNBA).

"Penerima BLT BBM Kabupaten Kolaka Utara, Wilayah Kantor Pos Lasusua sesuai data yang dikirim oleh Kemensos kepada PT Pos Indonesia  sejumlah 6.046 Keluarga Penerima Manfaat (KMP) untuk Tahap II Tahun 2022," katanya.

Data tersebut lanjutnya, belum termasuk KMP yang akan menerima di Kantor Pos Lapai.

"Data keseluruhan belum kami tahu, karena nama-nama penerima itu langsung dari pusat. Kalau tahap pertama itu 12.866 KMP, jumlah tersebut bisa bertambah dan berkurang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pos Cabang Lasusua, Suardi Rahim menuturkan, BLT BBM dan bansos sembako diberikan secara bersamaan kepada KPM dengan total keseluruhan Rp 900.000 per KPM.

Baca Juga: Belasan Cakades di Muna Ajukan Sengketa Hasil

Pembayaran dilakukan 2 bulan sekaligus dengan total Rp 300.000, per KPM atau Rp 150.000 per bulan untuk BLT BBM, dan sembako 3 bulan sebesar Rp 600.000 per KPM atau Rp 200.000 per bulan. Sehingga total diterima per KPM Rp 900.00.

Kata Suardi, prosedur pembayaran BLT BBM tahap II dan bansos sembako dilakukan langsung kepada KPM di Kantor Pos Lasusua dengan membawa KTP elektronik atau Kartu Keluarga asli.

"Khusus Kantor Pos Cabang Lasusua menyalurkan bantuan untuk 6.046 KMP sementara data KPM di kantor pos Lapai belum diketahui," pungkasnya. (A-Info)

Penulis: Muh.Risal H

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga