adplus-dvertising

Pj Bupati Muna Barat Kucurkan Biaya Tak Terduga Bantu Korban Kebakaran

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 02 Oktober 2022
703 dilihat
Pj Bupati Muna Barat Kucurkan Biaya Tak Terduga Bantu Korban Kebakaran
Pj Bupati Muna Barat, Bahri meninjau langsung lokasi kebakaran dan pemberian bantuan. Foto : Ist

" Musibah kebakaran yang menghanguskan 4 buah rumah di Desa Bakeramba, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat, Kamis, 29 September mematik perhatian serius dari Pj Bupati, Bahri "

MUBAR, TELISIK.ID - Musibah kebakaran  yang menghanguskan 4 buah rumah di Desa Bakeramba, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat, Kamis, 29 September mematik perhatian serius dari Pj Bupati, Bahri.

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) bergerak cepat untuk membantu meringankan beban para korban kebakaran.

Minggu (2/10/2022), Bahri turun mengecek lokasi kebakaran. Tak mau berlama-lama, jebolan STPDN 07 itu, akan langsung memberikan bantuan uang tunai dan modal usaha untuk mendukung perekonomian 4 Kepala Keluarga (KK) korban kebakaran.


Baca Juga: Randis di Muna Penyumbang Tunggakan Pajak Kendaraan Terbesar

"Insya Allah besok (Senin), bantuannya kita serahkan. Dananya kita push lewat biaya tak terduga," kata Bahri.

Di sisi lain pula, Bahri telah menugaskan Dinas Sosial (Dinsos) beserta Camat Kusambi agar berkoordinasi dengan para korban dalam rangka penanganan darurat, serta berkoordinasi bersama pihak polsek untuk menghitung kerugian. Kemudian pula, membangun tenda darutat sebagai hunian sementara dan MCK.

"Kita juga akan memobilisasi bantuan dari OPD dan masyarakat," timpalnya.

Saat ini lanjut Bahri, Dinsos dan camat telah memberikan bantuan berupa semen dan seng untuk kebutuhan pembangunan rumah sementara.

Kadinsos Muna Barat, La Ode Tibolo menerangkan, pasca kebakaran, pihaknya langsung menyalurkan kebutuhan dasar untuk para korban yang meliputi, sembako, pakaian, sarung, kasur dan mendirikan tenda yang dijadikan sebagai tempat penginapan sementara.

"Kami bersama pemerintah kecamatan dan desa, akan membangunkan rumah darurat," terangnya.

Baca Juga: Papan Informasi Milik Podomoro City Medan Ganggu Pengendara 

La Sinta (60), salah satu korban menyampaikan apresiasi terhadap Pj bupati, Bahri yang dengan cepat membantu meringankan beban mereka.

"Kami sangat berterima kasih atas perhatian Pj bupati," katanya.

Musibah kebakaran itu, terjadi sekira pukul 00.30 Wita. Si jago merah bersumber dari dapur rumah milik La Sinta. Kobaran api yang begitu besar dengan cepat merembet ke rumah lainnya. 4 KK korban kebakaran itu merupakan satu rumpun keluarga.

Akibat musibah itu, ke empat rumah rata dengan tanah. Hanya beberapa barang yang berhasil diselamatkan. Kerugian ditaksir mencapai Rp 600 juta. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga