Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Raih Penghargaan TPID Award 2024 dari Presiden Jokowi

Siti Nabila, telisik indonesia
Sabtu, 15 Juni 2024
0 dilihat
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Raih Penghargaan TPID Award 2024 dari Presiden Jokowi
Foto bersama Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio dengan seluruh kepala dinas lingkup Pemprov Sultra dan Kepala Perwakilan BI Sultra Thathy Suryono. Foto: Siti Nabila/Telisik

" Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mendapat Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Award 2024 yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara di bawah kepemimpinan Penjabat Gubernur Andap Budhi Revianto, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Award 2024 diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Pj Gubernur Sultra di Istana Negara disaksikan secara daring di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Provinsi Sultra, Jumat (14/6/2024).

Pemerintah Provinsi Sultra dinilai telah berhasil mengendalikan inflasi dengan langkah strategis dalam menjaga pasokan, produksi, dan mendorong hilirisasi hortikultura.

Baca Juga: KPU Kendari Ajak Masyarakat Gabung jadi Pantarlih, Ini Syaratnya

Kegiatan diawali dengan sambutan Gubernur BI Perry Warjiyo dengan melaporkan perkembangan terkini dan prospek inflasi di Indonesia.

Sekda Asrun Lio,Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Tenggara, Ari Sismanto dan Kepala Perwakilan BI Sultra, Thathy suryono dalam giat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024 secara daring. Foto: Siti Nabila/Telisik

 

Selanjutnya sambutan oleh Menko Perekonomian yang juga selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) Airlangga Hartarto mengatakan inflasi Indonesia stabil karena menerapkan skema 4K dengan baik, serta masifnya pelaksanaan Gerakan Pangan Murah, penyaluran beras SPHP, dan penyaluran KUR kepada para petani.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden atas konsistensi dalam upaya pengendalian inflasi dan terselenggaranya kontestasi penilaian terhadap komitmen pemerintah provinsi, kabupaten dan kota dalam mengendalikan inflasi,” ujar Airlangga.

TPID award tahun 2024 ini diikuti oleh 505 pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten maupun kota.

Presiden Joko Widodo pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada TPIP dan TPID yang telah bekerja keras untuk mengendalikan inflasi hingga pada bulan Mei 2024 lalu sebagai salah satu angka yang terendah di dunia.

“Dengan terjaganya inflasi kita, InsyaAllah pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat, hal ini akan dirasakan untuk rakyat,” tambahnya.

Presiden Joko Widodo berikan apresiasi secara langsung kepada setiap kepala daerah pada penghargaan TPID Awards 2024 di istana negara. Foto: Siti Nabila/Telisik

 

Presiden juga mengingatkan untuk tetap waspada dan hati-hati menuju “neraka iklim”. Diprakirakan suhu dunia akan mencapai rekor tertinggi pada 5 (lima) tahun ke depan.

“Kita telah diperingatkan bahwa dunia akan menuju neraka iklim. Dalam 1 tahun terakhir, adanya gelombang panas periode terpanas. Hati-hati masalah pangan jika didiamkan, prakiraan pada tahun 2050 dunia akan alami kelaparan,” ujarnya.

Lebih lanjut, presiden menekankan untuk mengantisipasi urusan pangan. Diperkirakan 50 juta petani tidak mendapat air, maka jangan main-main dengan urusan air yang dapat sebabkan kekeringan.

Baca Juga: Diserbu Pembeli, Bahan Pokok di Pasar Tani Dinas Perkebunan dan Holtikultura Sultra Dijual Murah

“Apabila terjadi kekeringan, maka akan berakibat pada produksi pangan dan sebabkan harga melambung tinggi dan akan berujung pada inflasi,” tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Sultra, Asrun Lio mengungkapkan kegembiraannya atas pencapaian tersebut.

"ini merupakan Kumat berkah, tadi kita saksikan bersama-sama, bapak pj gubernur kita menerima award dari bapak presiden, menang kategori terbaik nasional untuk wilayah sulawesi, ini perlu kita syukuri karena di bawah kepemimpinan Bapak Andap, inflasi di daerah ini terkendali di bawah rata-rata nasional," pungkasnya. (A-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga