PKB Kolaka Utara Resmi Buka Pendaftaran Kepala Daerah untuk Pilkada 2024

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 23 April 2024
0 dilihat
PKB Kolaka Utara Resmi Buka Pendaftaran Kepala Daerah untuk Pilkada 2024
Ketua DPC PKB Kolaka Utara, H. Abbas (kiri belakang) bersama pengurus DPC dan Panitia Penjaringan balon kepala daerah Kolaka Utara persiapkan pembukaan pendaftaran balon kepala daerah pada pilkada 2024. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah (Bacakada) yang akan maju dalam Pilkada Serentak 2024 "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah (Bacakada) yang akan maju dalam Pilkada Serentak 2024.

Ketua DPC PKB Kolaka Utara, H. Abbas mengungkapkan, pendaftaran dibuka tidak terbatas hanya untuk kader, namun bagi semua orang yang berminat maju sebagai kepala daerah Kolaka Utara.

"DPC PKB Kolaka Utara partai yang terbuka, jadi silakan siapapun yang ingin mendaftarkan diri sebagai balon kepala daerah. PKB Kolaka Utara membuka peluang kepada semua pihak," terangnya, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga: KPU dan Bawaslu Muna Buka Pendaftaran Badan Adhoc Pilkada

Kata H. Abbas, pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Kolaka Utara pada Pilkada 2024 mulai digelar besok 24 April hingga 8 Mei 2024. Posko penjaringan bakal calon kepala daerah untuk DPC PKB Kolaka Utara berada di jalur dua menuju Kantor DPRD Kolaka Utara atau dekat Kantor BPN Kolaka Utara.

"Kita buka pendaftaran dua Minggu atau 14 hari kedepan," ujarnya.

Eks Wakil Bupati Kolaka Utara priode 2017-2022 ini menjelaskan, tidak ada syarat khusus yang mesti dipenuhi para balon kepala daerah. Semua syarat normatif sesuai regulasi yang telah ditetapkan untuk pemilihan kepala daerah.

"Syarat ada hanya kami lihat sederhana dan normatif saja misalnya calon harus menyampaikan visi dan misi," imbuhnya.

H. Abbas menambahkan, pihak DPC hanya sebatas membuka, menerima, dan menmperifikasi berkas balon kepala daerah. Setelah itu, DPC menyampaikan ke DPP melalui DPW berkas balon kepala daerah yang telah memenuhi semua syarat administrasi.

"Tahap selanjutnya atau Uji Kompetensi dan Kelayakan (UKK) sepenuhnya kewenangan DPP PKB," tukasnya.

Sementara itu, Sekertaris DPC PKB Kolaka Utara, Muhammad Syair menyatakan, semua balon bupati dan wakil bupati Kolaka Utara yang mendaftarkan dan melengkapi semua berkas administrasi yang disyaratkan akan direkomendasi ke DPP PKB untuk mengikuti tahapan selanjutnya atau UKK.

"Jadi kewajiban kami hanya menerima berkas administrasi balon kepala daerah. Ketika memenuhi syarat, maka berapapun yang mendaftar akan kami rekomendasi ke DPP," katanya.

Baca Juga: Siska Karina Imran Kembalikan Formulir di Partai Demokrat

Menurut Cay, sapaan karib Sekertaris DPC PKB Kolaka Utara, DPP tidak menjadwalkan secara khusus waktu UKK bagi para balon kepala daera.

Menurutnya, bagi balon kepala daerah yang telah resmi mendaftar dan memenuhi syarat dapat langsung menerima panggil dari pusat untuk UKK.

"Jadi mereka yang telah direkom oleh DPC tinggal menunggu panggilan UKK di DPP, tidak mesti menunggu penjaringan di tingkat DPC PKB kelar secara keseluruhan. Siapa yang cepat mendaftar bisa jadi mereka juga duluan UKK. Ini sesuai petunjuk DPP," pungkasnya. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga