Pojok Statistik UHO Beri Peluang Masyarakat Akses Data Gratis

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Sabtu, 19 November 2022
0 dilihat
Pojok Statistik UHO Beri Peluang Masyarakat Akses Data Gratis
Pojok statistik UHO mudahkan masyarakat akses data statistik secara gratis. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

" Sebagai sarana peningkatan pelayanan publik yang bermanfaat dalam pengaksesan data serta informasi statistik lebih mudah, cepat dan gratis, Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara berkolaborasi dengan Universitas Halu Oleo (UHO) hadirkan pojok statistik "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai sarana peningkatan pelayanan publik yang bermanfaat dalam pengaksesan data serta informasi statistik lebih mudah, cepat dan gratis, Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara berkolaborasi dengan Universitas Halu Oleo (UHO) hadirkan pojok statistik.

Pranata Komputer Ahli di BPS Sulawesi Tenggara, Muhammad Arifiansyah Ayyub menjelaskan, hadirnya pojok statistik di UHO dapat meningkatkan literasi statistik di lingkungan akademisi terkait penyediaan data.

Ia juga mengungkapkan, setelah melakukan survei beberapa tahun terakhir tentang pelayanan statistik, memang banyak yang membutuhkan penyediaan data dan konsultasi statistik.

Baca Juga: Itjen Kemendagri Temukan Camat di Kendari Belum Penuhi Syarat Kepemimpinan

Baca Juga: Kompetisi Debat Konstitusi Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa FH UHO

Pojok statistik merupakan pendekatan pelayanan statistik secara mudah dan gratis yang ditempatkan di Gedung Kuning UHO. Pelayanannya dilakukan oleh mahasiswa pilihan dari program S1 dan D3 Statistik di bawah pengawasan pegawai BPS Sulawesi Tenggara. Waktu pelayanan mulai  Senin-Jumat pukul 09:00-15:00 Wita.

Sementara itu, Abdul Samad salah satu mahasiswa S1 Program Studi Statistik yang bertugas piket di pojok statistik menambahkan, dalam praktiknya bukan hanya mahasiswa ataupun dosen dari UHO yang meminta dan mengkonsultasi data statistik namun ada juga mahasiswa dari luar UHO sampai masyarakat umum.

‘’Saat jadwal kami piket ada mahasiswa dari STIKES Bina Husada yang meminta diolahkan data skripsinya dan kami juga melayani permintaan data dari pegawai dari dinas pertanian,’’ tambahnya.

‘’Tetapi data yang dilayani berupa data yang bersifat makro, kalau untuk yang secara detail itu belum bisa dipublikasikan,’’ tutupnya. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga