Polda Sultra Siapkan Tim Khusus Pemakaman Jenazah COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Rabu, 22 April 2020
0 dilihat
Polda Sultra Siapkan Tim Khusus Pemakaman Jenazah COVID-19
Karo Ops Polda Sultra, Kombes Pol Budi Wasono. Foto: Dul/Telisik

" Kita berharap korban dari wabah penyakit ini tidak bertambah, namun melihat tenaga kesehatan yang besar beban kerjanya (merawat hingga mengurus pemakaman), maka Polri akan turut membantu proses pemakaman. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara menyiapkan personel khusus untuk membantu pemakaman korban meninggal akibat COVID-19 di wilayah Sulawesi Tenggara.

Karo Ops Polda Sultra Kombespol Budi Wasono mengatakan, personel yang disiapkan untuk membantu pemakaman korban meninggal karena virus COVID-19 ini telah mendapatkan pelatihan khusus untuk meminimalisir penularan.

"Kita berharap korban dari wabah penyakit ini tidak bertambah, namun melihat tenaga kesehatan yang besar beban kerjanya (merawat hingga mengurus pemakaman), maka Polri akan turut membantu proses pemakaman," jelasnya kepada awak media.

Baca juga: Ini Perkembangan Kasus Dugaan Ijazah Palsu Bupati Busel Menurut Ombudsman

Lebih lanjut Budi Wasono menjelaskan, jika personel yang melaksanakan olah TKP juga menggunakan APD lengkap. Tahap selanjutnya adalah proses pemakaman.

"Anggota Polri yang akan melaksanakan pemakaman juga dilengkapi dengan APD lengkap, cara mengangkat peti, menurunkan peti sampai dengan mengubur ke liang lahat," tambahnya.

"Kegiatan yang digelar oleh Polda Sultra mengikuti prosedur dari Kemenkes serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)," terang Karo Ops Polda Sultra.

Dia menjelaskan bahwa, Polri harus siap, bila diperlukan untuk membantu saat menangani korban akibat psndemi COVID-19, dan jika memerlukan bantuan pemakaman korban COVID-19 Polda akan selalu siap, kapanpun dan dimanapun.

 

Reporter: Dul

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga