Polda Sumatera Utara Luncurkan Mobil Canggih Cegah Kejahatan

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 24 Juli 2023
0 dilihat
Polda Sumatera Utara Luncurkan Mobil Canggih Cegah Kejahatan
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi (dua dari kiri) bersama dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution (tiga dari kiri. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Mobil Patroli Perintis Samapta diluncurkan untuk mengendalikan, pelihara dan menciptakan keamanan serta kenyamanan bagi semua masyarakat di area publik di Kota Medan "

MEDAN, TELISIK.ID - Polda Sumatera Utara meluncurkan mobil Patroli Perintis Samapta tanggulangi tindak pidana kriminal di Kota Medan Senin (24/7/2023) petang.

Mobil Patroli Perintis Samapta yang diluncurkan ini dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur berteknologi mutakhir dan modern sebanyak 12 unit untuk di Kota Medan.

"Mobil ini kita luncurkan untuk mengendalikan, pelihara dan menciptakan keamanan serta kenyamanan bagi semua masyarakat di area publik. Kita juga lengkapi dengan fitur-fitur berteknologi mutakhir, modern. Ada 12 unit kita luncurkan hari ini," jelas Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, saat peluncuran mobil patroli tersebut.

Fitur-fitur berteknologi tinggi dan mutakhir tersebut, di antaranya teknologi pemantauan dilengkapi kamera High Definition (HD), sensor deteksi kendaraan, serta perekam data. Fitur ini memungkinkan anggota kepolisian melakukan pemantauan dan pengawasan lebih efektif dalam menjaga keamanan wilayah.

Baca Juga: Perwira Polisi Ini Dilaporkan ke Propam Polda Sumatera Utara Dugaan Perselingkuhan

Mobil patroli ini juga dilengkapi dengan sistem komunikasi terpadu dan terkoneksi dengan Pusat Komando (Command Centre).

"Ini memudahkan anggota untuk bertukar informasi yang cepat dan koordinasi lebih baik dalam tugas-tugas. Paling mutakhir, kita menggunakan kendali suara dan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di mobil patroli ini," ungkapnya.

Teknologi kendali suara dan kecerdasan buatan (AI), tuturnya, membantu petugas mengakses informasi, menavigasi, dan mengambil tindakan tepat dengan perintah suara. Ini membantu mengurangi gangguan visual, serta memungkinkan fokus lebih besar di lapangan.

Sistem digunakan di mobil patroli lebih canggih dan terintegrasi dengan aplikasi kepolisian. Di antaranya Call Centre 110 dan SOT Presisi, terhubung dengan Command Centre Polrestabes dan Polda Sumatera Utara. Ini memudahkan koordinasi dalam merespon laporan masyarakat

"Fitur lainnya yang dilengkapi di mobil patroli tersebut, adanya sistem navigasi pintar. Dengan sistem ini, membantu petugas menemukan rute tercepat dan teraman saat merespons panggilan darurat atau kejadian penting," tuturnya.

Selain itu, navigasi ini sudah tersinkronisasi dengan rute patroli daerah rawan kejahatan, sehingga memudahkan petugas dalam memilih rute patroli.

"Peluncuran ini, diharapkan akan meningkatkan kemampuan penegakan hukum, memberikan perlindungan lebih baik bagi petugas polisi, dan memberikan kontribusi positif untuk keamanan masyarakat secara keseluruhan," terangnya.

Baca Juga: Diduga Korupsi LPJU Solar Cell, Polisi Didesak Periksa Kadis Perhubungan Sumatera Utara

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengaku akan membantu pihak kepolisian dalam menanggulangi tindak kejahatan.

"Pastinya ini bisa mengurangi angka kriminalitas di Kota Medan. Kami akan konektivitaskan mobil ini dengan cctv yang ada di Kota Medan," ucap Bobby.

Menantu Presiden Joko Widodo ini juga mengaku bahwa cctv yang berada di sejumlah persimpangan di Kota Medan bisa digunakan oleh personel Polri yang ada didalam mobil.

"CCTV kami juga bisa merekam plat yang akan dicari. Alur jalan kemana saja sudah bisa terkoneksi," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Adinda Septia Putri

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga