Puasa Tahun Ini Konsel Tanpa Safari Ramadan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Kamis, 07 April 2022
0 dilihat
Puasa Tahun Ini Konsel Tanpa Safari Ramadan
Kegiatan Safari Ramadan Bupati Konsel bersama jajarannya, sebelum pandemi COVID-19. Foto: Ist.

" Untuk tahun ini kami Pemda Konsel tidak menggelar Safari Ramadan. Bukan ditiadakan tapi ditangguhkan dulu, sambil menunggu regulasi yang baru "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Belum turunnya status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah Kabupaten Konawe Selatan yang masih di level III, terpaksa membuat Pemda Konsel tidak menggelar kegiatan Safari Ramadan tahun ini.

Kepastian ini diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Konsel, Hamlin Ode Makka.

Katanya, PPKM level III itu adalah kebijakan pemerintah pusat sejak awal tahun 2021 untuk menangani pandemi COVID-19. Sebelum pelaksanaan PPKM, pemerintah telah melaksanakan pembatasan sosial berskala besar.

“Untuk tahun ini kami Pemda Konsel tidak menggelar Safari Ramadan 1443 H/2022. Bukan ditiadakan tapi ditangguhkan dulu, sambil menunggu regulasi yang baru,“ ujarnya.

Baca Juga: Ini Besaran Nisab Zakat Fitrah dan Zakat Mal 2022 di Butur

Baca Juga: Merasa Keselamatan Terancam, Wakil Ketua DPRD Buton Utara Batalkan Perjalanan Dinas dan Lapor Polisi

Kendati demikian, sejumlah kegiatan Ramadan tetap dilonggarkan seperti salat tarawih secara berjamaah. Kegiatan buka puasa bersama, pasar takjil dan ngabuburit. Tentunya, dalam pelaksanaannya masyarakat wajib menerapkan protokol kesehatan.

“Safari Ramadan merupakan agenda rutin setiap Ramadan, digelar dalam rangka menjalin silaturahmi dengan masyarakat. Tapi kita juga harus merujuk dari Surat Edaran (SE) Bupati. Karena Konsel masih berada di level tiga, makanya Safari Ramadan tidak dilakukan, hal itu untuk menghindari kerumunan massa yang banyak," kata Hamlin.

"Intinya kita memang masih di masa pandemi. Banyak yang sudah dilonggarkan aturannya akan tetapi kami harap taati ketentuan, juga tetap jaga protokol kesehatan (prokes)," tuturnya lagi. (C)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga