Puncak Libur Nataru, Ribuan Wisatawan Serbu Pantai Toronipa

Ayu Safitri, telisik indonesia
Senin, 01 Januari 2024
0 dilihat
Puncak Libur Nataru, Ribuan Wisatawan Serbu Pantai Toronipa
Wisatawan memenuhi Pantai Toronipa, Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Foto: Ayu Safitri/Telisik

" Ribuan wisatawan dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara memanfaatkan libur akhir tahun dengan mengunjungi Pantai Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Ribuan wisatawan dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara memanfaatkan libur akhir tahun dengan mengunjungi Pantai Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Senin (1/1/2024).

Tingginya animo pengunjung membuat area  parkir wisata sampai tidak mampu menampung kendaraan para wisatawan. Antrean kendaraan tampak mengular di pintu masuk Pantai Toronipa. Lonjakan kunjungan wisata di pantai toronipa ini terjadi sejak awal libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada 27 Desember lalu.

Momen libur Nataru tingkat kunjungan wisata di pantai Toronipa mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Jika pada hari biasa kunjungan wisata hanya sekitar 300 orang  per hari, pada momen Nataru ini jumlah kunjungan rata-rata melonjak menjadi 5.000 orang per hari.

Baca Juga: Terdakwa GM PT Antam Konawe Utara Keberatan pada Sidang Tipikor

Saat ditemui tim Telisik.id, Marsun, salah seorang pengelola pantai toronipa mengungkapkan, hari ini adalah puncak kunjungan dari para wisatawan yang datang berlibur.

"Puncak libur Nataru diperkirakan hari ini. Hari ini pengunjung mencapai 5.000 atau naik 150 persen, jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Bahkan ini bisa dilihat parkiran penuh, dan banyak masyarakat yang gelar tikar di segala sudut pantai ini," katanya.

Sementara itu, Yuan, salah satu wisatawan asal Kendari mengaku, ia dan keluarganya sengaja datang dan berlibur ke Pantai Toronipa karena ombaknya tenang dan jaraknya dekat, sehingga tidak khawatir anak-anak bermain di pantai.

“Kami sekeluarga sengaja datang dan berlibur ke Pantai Toronipa ini, karena di sini ombaknya relatif tenang, sehingga saat anak-anak bermain kita tidak khawatir, kemudian dekat juga baru bagus jalanan ke sini," ujar Yuan.

Meskipun hampir semua fasilitas yang ada di pantai Toronipa saat ini tergolong fantastis, tidak mengurung niat para wisatawan di berbagai daerah tersebut untuk tetap berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Baca Juga: Keamanan Kawasan Pantai Taipa Konawe Utara Diperketat Jelang Tahun Baru 2024

Diketahui, harga tiket masuk dengan karcis baik kendaraan roda dua ataupun roda empat Rp 10.000/orang, gazebo Rp 500.000 ukuran kecil dan besar Rp 700.000, gelar tikar di pasir Rp 250.000, wc buang air kecil Rp 3000, buang air besar Rp 5000, mandi bersih Rp 10.000.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Toronipa berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara, seperti Kendari, Konawe, Konawe Selatan, Kolaka hingga Kolaka Timur.

Untuk datang ke lokasi ini, wisatawan sebagian besar memilih melintasi jalur jalan wisata Kendari Toronipa baru sambil menikmati panorama laut di sepanjang jalur. (B)

Penulis: Ayu Safitri

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga