Punya Bekas Luka? Hilangkan dengan 7 Bahan Alami Ini

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 30 Agustus 2022
0 dilihat
Punya Bekas Luka? Hilangkan dengan 7 Bahan Alami Ini
Memiliki bekas luka tentunya dapat merusak penampilan. Sebab, bekas luka umumnya cenderung terlihat gelap dan sulit untuk dihilangkan. Foto: Repro Kompas.com

" Memiliki bekas luka di beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki dan wajah tentu dapat membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki bekas luka di beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki dan wajah tentu dapat membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri.

Bekas luka biasanya akan memudar seiring berjalannya waktu. Namun, ada juga beberapa jenis luka bekasnya tak kunjung hilang.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya ada beragam obat apotek atau pelayanan di klinik kecantikan yang bisa Anda coba untuk menyamarkan bekas luka. Namun, ada juga beberapa cara yang lebih alami yang bisa Anda coba terlebih dahulu.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa bahan-bahan alami yang dapat Anda manfaatkan:

1. Minyak zaitun

Tingginya kandungan antioksidan di dalam minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun dipercaya mampu menghilangkan bekas luka, terutama akibat jerawat atau dermatitis.

Anda cukup mengoleskan langsung minyak zaitun atau minyak kelapa ke bekas luka, sambil memijit secara perlahan selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Lidah buaya juga bisa membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka membandel.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka, kemudian diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih.

Baca Juga: 7 Ciri Pria yang Diam-Diam Jatuh Cinta Padamu

Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan gel lidah buaya sebanyak 2 kali sehari.

3. Dermabrasi

Dermabrasi bisa dilakukan untuk mengatasi bekas luka di kulit yang membuat permukaan kulit tampak tidak rata. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengikis bagian permukaan kulit bekas luka dan merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru, sehingga lapisan kulit tampak lebih halus dan merata.

4. Olesan Madu 

Ketika Anda ingin menyembuhkan bekas luka dengan aman dan relatif cepat, gunakanlah saja olesan madu. Madu bisa bertindak sebagai moizturizer bagi kulit, bisa juga digunakan untuk meratakan warna kulit yang belang akibat bekas luka.

Madu memiliki kemampuan regenerasi sel kulit yang cukup cepat, sehingga bekas luka apapun bisa disembuhkan. 

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis terkenal akan kandungan AHA atau Alpha Hydroxy Acids-nya yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Jenis bahan alami yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka, terutama untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada tubuh. 

6. Bawang Merah

Bawang merah juga bisa difungsikan sebagai bahan penghilang bekas luka yang telah mengering. Bahan alami yang satu ini memiliki sifat anti inflamasi yang akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka pada kulit.

Baca Juga: 9 Kolam Renang Aneh dan Ekstrem di Dunia

Namun begitu, penggunaan bawang merah dalam kasus ini perlu dikonsultasikan dulu ke dokter. 

7. Baking soda

Baking soda bisa menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya bisa menghilangkan bekas luka.

Campurkanlah baking soda dengan air suling sedikit demi sedikit hingga berubah menjadi kental. Setelah itu, oleskan ke area bekas luka. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga