adplus-dvertising

Rambut Sering Rontok? Ini 5 Cara Alami Mengatasinya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 05 Juli 2022
573 dilihat
Rambut Sering Rontok? Ini 5 Cara Alami Mengatasinya
Salah satu keresahan yang dialami di bagian kepala adalah rambut rontok. Foto: Repro cnfstore.com

" Rambut rontok terjadi bukan hanya pada rambut di kepala tapi juga terjadi pada rambut yang berada di bagian tubuh lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Rambut rontok terjadi bukan hanya pada rambut di kepala tapi juga terjadi pada rambut yang berada di bagian tubuh lainnya.

Dikutip dari halodoc.com, rambut rontok terjadi akibat dari faktor keturunan, perubahan hormon, hingga kondisi medis, atau akibat dari pengobatan yang sedang dijalani oleh pengidapnya.

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kerontokan rambut meliputi: riwayat keluarga yang mengalami kebotakan, medikasi dan suplemen, terapi radiasi di kepala, usia, stres, penurunan berat badan yang drastis, kondisi kesehatan seperti diabetes atau lupus, dan penggunakan produk-produk perawatan rambut yang tidak cocok.


Melansir alodokter.com, berikut berbagai cara alami mengatasi rambut rontok:

1. Tidak terlalu sering keramas

Banyak orang mengira keramas setiap hari dapat menjaga kondisi rambut tetap sehat. Padahal, penggunaan sampo yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut rusak, kering, mudah patah, dan terlihat lebih tipis.

Tak hanya itu, mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggosoknya secara kencang menggunakan handuk juga dapat membuat rambut mengalami kerontokan.

Oleh karena itu, agar rambut tidak mudah rontok, Anda disarankan untuk keramas sebanyak 1–3 kali seminggu saja dan mengeringkan rambut dengan handuk secara lembut.

2. Tata rambut dengan lembut

Berbagai metode penataan rambut, seperti mewarnai, mencatok, dan mengeriting rambut, dapat membuat rambut rusak dan kering serta mengiritasi kulit kepala.

Sementara itu, kebiasaan mengikat dan mengepang rambut terlalu kencang juga dapat menyebabkan akar rambut tertarik, sehingga rambut menjadi mudah rontok.

Untuk mengurangi kerontokan rambut dan menjaga kulit kepala tetap sehat, sebaiknya hindari penataan rambut yang telah disebutkan di atas. 

Bila Anda hendak mengeringkan rambut dengan pengering rambut, hindari menggunakan suhu panas karena dapat membuat rambut cepat rusak.

Selain itu, Anda juga bisa memilih dan menggunakan sampo yang tepat untuk mengatasi kerontokan rambut parah. Pilihlah rangkaian sampo dan kondisioner dengan kandungan Rice Oil Essence dan Pro-V multivitamin.

Selain mengurangi rambut rontok, kedua formula ini juga diketahui dapat menutrisi rambut secara menyeluruh.

3. Terapkan pola hidup sehat

Beberapa jenis penyakit, seperti kurang gizi dan anemia atau kurang darah, dapat menjadi penyebab rambut rontok. Selain itu, stres berlebihan juga kerap menjadi biang kerok kerontokan rambut.

Baca Juga: Kiat Pengembangan Diri dan Sukses Jadi Wanita Karir Jaman Now

Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, cobalah menjalani pola hidup sehat, yaitu dengan meredakan stres, berolahraga secara rutin, meluangkan waktu untuk meditasi, serta mencukupi waktu tidur.

4. Gunakan bahan-bahan alami

Lidah buaya dan minyak kelapa telah lama dipercaya berkhasiat dalam mengatasi rambut rontok dan merawat kulit kepala. Bahkan, lidah buaya juga diyakini dapat mengurangi ketombe dan produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Di sisi lain, minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menyerap ke dalam rambut dan menggantikan protein rambut yang hilang. Minyak kelapa juga dipercaya mampu menyuburkan rambut.

Selain lidah buaya dan minyak kelapa, ada beberapa bahan alami lain yang juga bisa Anda coba untuk mengatasi rambut rontok, di antaranya:

- Lemon

Kandungan vitamin C pada lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan jus atau minyak lemon ke kulit kepala setelah keramas.

- Kuning telur

Kuning telur merupakan sumber vitamin A, biotin, asam amino, dan folat yang baik untuk melembapkan rambut kering serta membuat rambut tumbuh lebih cepat dan kuat. Hal ini menjadikan kuning telur sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk mengatasi rambut rontok.

- Minyak rosemary dan minyak geranium                                                

Minyak rosemary dan geranium dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan dan memperkuat rambut. Untuk menggunakannya, oleskan minyak ini ke kulit kepala sebelum atau sesudah keramas.

Tak hanya itu, menggunakan kopi untuk keramas atau mengonsumsi suplemen ginseng yang dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan melancarkan aliran darah pada kulit kepala, sehingga baik untuk mengatasi rambut rontok.

Baca Juga: Deretan Artis Cantik yang Sukses Perankan PSK, Nomor 6 Kisah Nyata Menjajakan Tubuh di Jalanan

Menggunakan minyak zaitun untuk rambut rontok juga bisa menjadi salah satu alternatif masker rambut dengan bahan alami, yang juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut.

5. Cukupi asupan nutrisi

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, memenuhi asupan nutrisi juga baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Asupan nutrisi yang sehat dan seimbang merupakan bagian dari cara alami untuk mengatasi rambut rontok dari dalam.

Beberapa jenis nutrisi yang penting untuk rambut rontok meliputi: Protein dan omega-3, Vitamin A, B, C, D, dan vitamin E. Kemudian juga dengan Zinc, Zat besi. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Baca Juga