Ratusan Nelayan di Kota Kendari Demo Tolak Pungutan Pajak

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Kamis, 14 Desember 2023
0 dilihat
Ratusan Nelayan di Kota Kendari Demo Tolak Pungutan Pajak
Ratusan nelayan berdemonstrasi dan mendatangi kantor PPS Kendari dan diterima langsung oleh Kepala PPS, Syahril Abd Rauf. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Ratusan para pemilik kapal dan nelayan di Kota Kendari, berdemonstrasi di Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan para pemilik kapal dan nelayan di Kota Kendari, berdemonstrasi di Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Kendari, Kamis (14/12/2023).

Pada demo tersebut, para nelayan yang didampingi oleh LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menolak adanya pemungutan pajak sebesar 5 persen yang dilakukan oleh pemerintah.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua GMBI Sulawesi Tenggara, Muhammad Ansar yang mengaku dengan adanya aturan baru tersebut dinilai hanya menyengsarakan para nelayan.

Baca Juga: Bea Cukai Kendari Musnahkan Miras dan Rokok Ilegal, Kerugian Negara Capai Rp 1 Miliar

Baca Juga: KPU Sulawesi Tenggara Tegaskan PPK Paham Regulasi dan Tegak Lurus

"Kami menolak adanya Penerima Negara Bukan Pajak (PNBP) paska produksi 5 persen," cetusnya.

Selain itu, para nelayan maupun pemilik kapal menolak terkait adanya regulasi penangkapan ikan terukur, karena dinilai membatasi ruang gerak para nelayan dalam mencari ikan.

Massa yang diterima oleh Kepala PPS Kendari, Syahril Abd Rauf mengaku, semua tuntutan tersebut akan dilanjutkan ke pusat.

"Kami sudah menerima dan menampung tuntutan para nelayan. Semua tuntutan tersebut, kami akan teruskan ke Kementerian di Jakarta," ungkap Syahril. (A)

Penulis: Thamrin Dalby

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga