Red Sea Blue Hole Kuburan Penyelam dengan Keindahan Alam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 24 September 2022
0 dilihat
Red Sea Blue Hole Kuburan Penyelam dengan Keindahan Alam
Dijuluki kuburan penyelam scuba tahu situs ini sebagai salah satu situs menyelam paling berbahaya di dunia. Namun, kenyataannya ini hanya berlaku untuk satu situs menyelam tertentu di Red Sea Blue Hole yang disebut arch. Foto: Repro weseetravel.com

" Laut tentu memiliki keindahan tersendiri bagi orang yang hobi menyelam. Namun, siapa sangka ternyata tak semua laut aman bagi penyelam beberapa diantaranya berbahaya bahkan dijuluki dengan nama tertentu. Salah satunya yaitu Red Sea Blue hole yang terletak di Dahab, Mesir "

KENDARI, TELISIK.ID - Laut tentu memiliki keindahan tersendiri bagi orang yang hobi menyelam. Namun, siapa sangka ternyata tak semua laut aman bagi penyelam beberapa diantaranya berbahaya bahkan dijuluki dengan nama tertentu. Salah satunya yaitu Red Sea Blue hole yang terletak di Dahab, Mesir.

Mengutip weseetravel.com, Red Sea Blue Hole adalah lubang pembuangan alami yang dalam di Teluk Aqaba, tepat di utara kota wisata Dahab di Sinai Selatan. Hal ini dianggap sebagai salah satu landmark alam yang paling signifikan di Mesir .

Ahli geologi percaya bahwa lubang pembuangan bawah laut ini terbentuk ribuan tahun yang lalu selama pencairan zaman es terakhir. Ini memiliki kedalaman maksimum sekitar 120 meter (390 kaki) dan dibatasi oleh dinding karang yang hampir vertikal. 

Baca Juga: Wanita Cantik Ini Tewas karena Hijab, Kondisinya Mengerikan

Baca Juga: Fosil Pohon Kuno Setinggi 229 Kaki Ternyata Berasal dari Negara Ini

Dilansir dari sindonews.com, lokasi penyelaman itu memiliki kedalaman hingga 100 meter. Meski disebut sebagai kuburan penyelam, Blue Hole masih terus menarik perhatian banyak penyelam. Pasalnya tempat itu memiliki karang dan lengkungan yang sangat indah menurut para penyelam di dunia.

Pada kenyataannya, bahkan penunjukan ini tidak sepenuhnya akurat. Sementara lengkungan di sini adalah situs yang sangat mematikan (tanpa catatan publik, perkiraan sekitar 200 kematian dalam beberapa tahun terakhir), sebenarnya bukan penyelaman yang sangat berbahaya bagi mereka yang terlatih untuk teknis menyelam.

Dikutip dari cnnindonesia, area terdangkal di lubang ini tercatat sekitar 6 meter, yang dinamakan The Saddle. Lanskap bawah laut ini berupa karang, sehingga bisa ditemukan banyak kawanan ikan karang di sini. Butuh persiapan matang sebelum menceburkan diri ke Blue Hole, terutama mengukur kemampuan diri dan kedalaman yang dituju. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga