Resmi Dilaunching, Rektor IAIN Kendari Ungkap Program Utama MBKM

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 12 Februari 2024
0 dilihat
Resmi Dilaunching, Rektor IAIN Kendari Ungkap Program Utama MBKM
Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag memukul gong tanda peresmian launching pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Foto: Humas IAIN Kendari

" Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari resmi melaunching pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Aula IAIN Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari resmi melaunching pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Aula IAIN Kendari, Senin (12/2/2024).

Launching dilakukan oleh Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag didampingi Wakil Rektor I, Dr. Jumarddin La Fua, S.Si., M.Si, Wakil Rektor III, Dr. Sitti Fauziah M., M.Pd, Dekan Fakultas Syariah Prof. Dr. Kamaruddin, S.Ag., SH.

Kemudian juga Dekan FUAD Dr. Muh. Shaleh, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. Samrin, M.Pd.I dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dr. Abdul Kadir, M.Pd.I.

Baca Juga: Abai Tertibkan APK Saat Masa Tenang, Bawaslu Ingatkan Parpol

Dalam sambutannya, Prof. Husain Insawan mengungkapkan, Kementerian Agama memiliki tujuh program prioritas utama yang empat diantaranya telah tercover dalam Renstra IAIN Kendari untuk periode 2023-2027 diantaranya adalah moderasi, transformasi, digitalisasi dan internasionalisasi.

"Program MBKM ini paling tidak menyentuh dua program utama kita yang pertama adalah digitalisasi dan internasionalisasi. Pada aspek digitalnya tentu ditekankan dalam proses pembelajaran tidak menutup kemungkinan dilaksanakan secara daring atau hybrid," katanya.

"Jika dilaksanakan secara daring tentu perangkat software dan hardware mesti disiapkan," tambahnya.

Sedangkan, kata dia, aspek internasionalisasinya tidak menutup kemungkinan akan melibatkan dosen dan mahasiswa yang berasal dari Asia Tenggara, Eropa, Australia maupun Amerika.

Prof. Husain juga menyambut baik dan mengapresiasi langkah yang dilakukan hari ini. Sebab program MBKM sangat baik sehingga terus didorong implementasinya oleh Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan.

"MBKM ini menghasilkan mahasiswa yang memiliki multi kompetensi. Misalnya hafidz yang bisa mengajar biologi sekaligus menjalankan bisnis ekonomi, tentu ini sangat luar biasa," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I IAIN Kendari, Jumarddin La Fua menyampaikan, program MBKM ini telah lama dinantikan dan hari ini telah diwujudkan.

Baca Juga: Catat, Ini Lima Poin Penting Proses Pengawasan Pemilu 2024

Launching MBKM, kata dia, menjadi langkah awal untuk terus mengembangkan kegiatan akademik IAIN Kendari. Pelaksanaan MBKM ini lanjutnya, akan coba dilaksanakan di seluruh fakultas program S1 di IAIN Kendari.

"Kita juga telah melakukan simulasi terakhir berkaitan dengan proses persiapan menerima dan mengirimkan mahasiswa dalam program MBKM ini. Kami harapkan 50 orang mahasiswa dapat tergabung dalam MBKM yang kita laksanakan di IAIN Kendari dan kemarin sudah ada diterima dari Aceh, Semarang, Wonosobo dan beberapa Perguruan Tinggi lainnya untuk masuk IAIN Kendari," katanya.

"Kami harapkan kegiatan ini terus kita tingkatkan dan maksimalkan sehingga ke depan program MBKM yang kita laksanakan mampu mengangkat akreditasi lembaga serta program studi," pungkasnya. (Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga