Rusman Siapkan Feri Gratis dan Serahkan Rumah ke 50 Nelayan

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 08 Desember 2019
0 dilihat
Rusman Siapkan Feri Gratis dan Serahkan Rumah ke 50 Nelayan
Bupati Muna, LM Rusman Emba meresmikan pengoperasian feri dan menyerahkan rumah gratis bagi nelayan. Foto : Naryo/Telisik

" Ini bukti komitmen Pemkab dalam membuka akses transportasi seluas-luasnya untuk kepentingan masyarakat. "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba sangat paham dan mengerti akan kebutuhan transportasi laut masyarakat Muna Timur (Mutim). Untuk mendukung lancarnya tranportasi laut, Rusman menyiapkan feri gratis Raha-Maligano. Kapal roro bernama KM Gandha Nusantara 19 milik PT Pelni itu akan beroperasi sekali dalam seminggu. Jadwalnya, Sabtu dan Minggu.

Baca Juga: Sempat Buron, Eks Bupati Kolaka Ditangkap Kejagung

Kata Rusman, penyediaan kapal roro itu dalam rangka memaksimalkan transportasi bagi masyarakat yang akan membawa hasil perkebunan dan pertaniannya.

"Ini bukti komitmen Pemkab dalam membuka akses transportasi seluas-luasnya untuk kepentingan masyarakat," kata Rusman disela-sela pengoperasian feri Raha-Maligano.

Selain feri penyebrangan, Raha-Maligano, yang sudah beberapa bulan beroperasi adalah feri Raha-Pure. Itu juga sangat membantu akses transportasi masyarakat. Makanya, Ia berharap agar fasilitas yang ada tetap dijaga.

Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Capt Ahmad Sadikin menerangkan, beroperasinya feri ini tidak terlepas dari permintaan Bupati Muna, LM Rusman Emba di Kemenhub dalam rangka membuka keterisolasian di wilayah kepulauan. Makanya, Ia berharap agar fasilitas yang ada dapat dijaga.

"Kapal ini sebagai perintis," sebutnya.

Tidak menutup kemungkinan bila jumlah penumpang membludak, kapal akan diganti dengan yang lebih besar lagi.

Sementara untuk para nelayan, Rusman juga memberikan rumah. Jumlahnya sekitar 50 unit dengan tipe 36 yang menelan anggaran sebesar Rp 6 miliar. Lokasinya di Desa Lakarinta, Kecamatan Loghia. Rumah mirip BTN itu saat ini mulai digunakan para nelayan.

Camat Loghia, Fajar Sosi menerangkan, bantuan rumah merupakan bentuk kepedulian bupati agar para nelayan dapat merasakan kehidupan layak dan tidak tergantung tinggal pada orang lain lagi. Untuk lahan lokasi perumahan itu adalah milik warga yang telah dihibahkan ke Pemkab.

"Saat ini, karena pembangunanya sudah selesai, pak bupati kembali menyerahkan ke nelayan," ungkapnya.

Ia menaruh harapan, kedepan agar bantuan serupa kembali turun mengingat, hampir semua di Kecamatan Loghia berprofesi sebagai nelayan yang belum memiliki rumah.

Rusman berjanji akan terus berusha memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat, khususnya nelayan.

"Insya Allah, kita akan terus mencari disemua segmen," janjinya.

Baca Juga: Ini Kejanggalan Kasus Ijazah Palsu Plt. Bupati Busel Menurut Ombudsman

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Desa Lakarinta, La Riami sangat berterima kasih pada bupati yang telah memberi perhatian terhadap masyarakat Desa Lakarinta. Selama menjabat sebagai bupati, Rusman telah menyulap Desa Lakarinta hingga terkenal hingga ke mancanegara.

"Kita sangat bersyukur atas perjuangan pak Rusman, semoga bisa berlanjut kedepan," tukasnya.

Reporter : Naryo
Editor: Sumarlin

Baca Juga