Sadarkan Pengelolaan Sampah, Komunitas Kendari Bekali Masyarakat Pembuatan Pupuk

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 01 Juli 2024
0 dilihat
Sadarkan Pengelolaan Sampah, Komunitas Kendari Bekali Masyarakat Pembuatan Pupuk
Komunitas Hero for Earth Kendari, mengadakan Workshop pembuatan pupuk kompos di Desa Bungkutoko RT 12. Foto:Ist.

" Sampah rumah tangga yang dihasilkan masyarakat, tidak mesti langsung dibuang. Tapi dapat diolah menjadi pupuk kompos yang bisa digunakan kembali "

KENDARI, TELISIK.ID - Sampah rumah tangga yang dihasilkan masyarakat, tidak mesti langsung dibuang. Tapi dapat diolah menjadi pupuk kompos yang bisa digunakan kembali.

Hal ini dilakukan Komunitas Hero for Earth Kendari, saat mengadakan Workshop pembuatan pupuk kompos di Desa Bungkutoko RT 12, Sabtu (29/6/2024).

Pelaksanaan kegiatan ini guna membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat pupuk kompos dari sampah organik rumah tangga.

Baca Juga: Pemkot Kendari Matangkan Perecanaan Tata Kota 2025

Perwakilan dari Sanggar Biokomp Organik, Arazman menjelaskan, jenis-jenis sampah organik yang dapat diolah menjadi pupuk kompos, cara mencampur bahan-bahan, proses perawatan dan pemeliharaan kompos, serta manfaatnya bagi tanaman.

Selain penyampaian materi, workshop ini juga diisi dengan sesi tanya jawab, diskusi, dan praktik langsung pembuatan kompos oleh masyarakat Desa Bungkutoko RT 12.

Antusiasme masyarakat terlihat tinggi dalam mengikuti workshop ini, dengan harapan dapat mulai mengolah sampah organik mereka menjadi pupuk kompos yang bermanfaat untuk tanaman.

Ia mengungkapkan, pupuk kompos sendiri memiliki manaaf banyak salah satunya meningkatkan kesuburan tanah, memperbaiki struktur tanah, meningkatkan retensi air, menyediakan nutrisi penting bagi tanaman, meningkatkan hasil panen, dan ramah lingkungan.

Penggunaan pupuk kompos sebagai alternatif pupuk kimia. Karena penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dapat mencemari tanah dan air, serta membahayakan kesehatan manusia.

Baca Juga: Pemkot Kendari Terus Masifkan Program Penataan Kota Kendari Menuju Kota Sehat

Pupuk kompos merupakan alternatif yang lebih ramah lingkungan dan aman untuk tanaman.

Dengan demikian, Komunitas Hero for Earth berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Komunitas ini secara aktif mengadakan kegiatan edukasi dan aksi nyata untuk mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan. (C)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga