Salut Kinerja Kades Napalakura, Kajari Muna Ingatkan DD Dikelola Baik

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 13 Oktober 2023
0 dilihat
Salut Kinerja Kades Napalakura, Kajari Muna Ingatkan DD Dikelola Baik
Kajari Muna, Agustinus Baka Tangdililing bersama Kasi Intelijen, Fery Febrianto, Kasi Pidum, Agus R. Senjaya dan Kades Napalakura, Sunarti. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kajari Muna, Agustinus Baka Tangdililing mengingatkan seluruh kades di Bumi Sowite mengelola dana desa dengan baik "

MUNA, TELISIK.ID - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muna, Agustinus Baka Tangdililing, salut dengan kinerja Kepala Desa (Kades) Napalakura, Kecamatan Napabalano, Sunarti.

Agustinus bilang, Kades Napalakura mampu melakukan langkah-langkah pemulihan ekonomi pasca COVID-19 dengan memberdayakan masyarakat melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kita apresiasi, karena Kades Napalakura sudah mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui UMKM-nya," kata Agustinus, Jumat (13/10/2022).

Agustinus mengingatkan seluruh kades di Bumi Sowite mengelola dana desa (DD) dengan baik. Kata dia, dalam mengelola DD, yang harus diperhatikan adalah asas manfaat. Kemudian, pengelolaanya tidak mengambil keuntungan pribadi, tidak merugikan keuangan negara dan terpenuhinya kepentingan publik.

Baca Juga: Muna Dapat Tambahan Dana Desa Rp 2,9 Miliar

"Kalau tiga itu dipenuhi, yakin tidak akan ada yang berurusan dengan hukum. Desa pun akan maju," ujarnya.

Sementara itu, Kades Napalakura, Sunarti menerangkan, jumlah DD-nya tahun ini kurang lebih Rp 1 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan ketahanan pangan, sesuai kesepakatan serta usulan masyarakat.  

Baca Juga: Daya Serap Dana Desa di Muna Urutan Ketiga di Sulawesi Tenggara

Untuk pemberdayaan masyarakat, ia melibatkan emak-emak mengolah hasil tambak di desanya berupa kripik bandeng, abon, bakso ikan, bandeng presto dan bakso udang.

"Alhamdulillah produksi olahan bandeng dan udang sudah dipasarkan hingga ke luar negeri dan menambah penghasilan masyarakat," ujarnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga