Sambut Harlah ke-78, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengara Gelar Sepada Santai dan Lulo

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Jumat, 28 Juli 2023
0 dilihat
Sambut Harlah ke-78, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengara Gelar Sepada Santai dan Lulo
Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, gelar sepeda santai dan tari lulo dalam rangka menyambut Harlah ke-78 Kemenkumham. Foto: Instagram kanwilkemenkumhamsultra

" Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, gelar olahraga sepeda santai dan lulo bersama di halaman Kanwil, dalam rangka menyambut hari lahir (harlah) Kemenkumham (HDKD) ke-78 tahun "

KENDARI, TELISIK.ID - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, gelar olahraga sepeda santai dan lulo bersama di halaman Kanwil, dalam rangka menyambut hari lahir (harlah) Kemenkumham (HDKD) ke-78 tahun, Jumat (28/7/2023).

Giat tersebut diikuti langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Muslim, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Hidayat Yasin, Plt Kepala Divisi Administrasi, Ahmad Sahrun, para pejabat administrator dan pengawas, Kepala Unit Pelaksana Teknis dan seluruh jajaran pegawai Kantor Wilayah dan juga pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) baik pemasyarakatan maupun imigrasi dalam Kota Kendari.

Silvester Sili Laba, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran yang telah hadir berpatisipasi dalam kegiatan itu.

Baca Juga: Kemenkumham Sukses Gelar Kumham Goes To Campus Sosialisasi KUHP dan RKUHAP di UHO Kendari

“Sepeda santai ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati hari lahir Kemenkumham Ke-78, yang puncak acaranya akan diselenggarakan upacara peringatan pada 19 Agustus 2023 nanti,” ujar Silvester.

Rute sepeda santai ini mengambil titik awal di Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, lalu menuju Jalan Balaikota, kemudian berakhir kembali di Kanwil Kemenkumham.

Usai olahraga sepeda santai, seluruh jajaran yang hadir melakukan tari lulo, tari lusiana hingga tari Haji Ali bersama, guna memeriahkan acara pada pagi hari itu. Di sela-sela kegiatan dibagikan juga doorprize bagi peserta yang hadir.

Selain sepeda santai, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara juga menggelar kegiatan lainnya seperti berbagai lomba dalam bidang olahraga, pembersihan taman makan pahlawan, donor darah, pameran layanan publik dan masih banyak kegiatan lainnya.

Dilansir dari Kemenkumham.go.id, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly menetapkan hari lahir Kemenkumham pada 19 Agustus 1945.

Penetapan tersebut dikukuhkan melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor: M.HH-2.OT.01.03 Tahun 2021 yang dibacakan dalam upacara hari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-76 tahun 2021.

Keputusan itu sekaligus mencabut Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor: M.06-UM.01.06 Tahun 1985 yang menetapkan 30 Oktober sebagai hari Kehakiman Republik Indonesia.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Koordinasi Giat Sosialisasi RUU KUHAP

Dengan begitu, ulang tahun Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau yang biasa dikenal sebagai HDKD akan diperingati pada 19 Agustus setiap tahunnya.

Penetapan ini dilakukan berdasarkan kajian, penelusuran sejarah, dan pengumpulan bukti-bukti autentik, serta wawancara beberapa pakar hukum yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Keputusan dibuat semata-mata untuk meluruskan dan mengembalikan pada sejarah yang benar, seperti pengangkatan Prof Soepomo sebagai Menteri Kehakiman pertama pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 19 Agustus 1945 serta peringatan ulang tahun Departemen Kehakiman yang dirayakan setiap 19 Agustus sejak awal kemerdekaan hingga tahun 1982. (B-Adv)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga