Satu Jemaah Haji Lansia dari Sumatera Utara Gagal ke Mekkah, Ini Sebabnya

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 25 Mei 2023
0 dilihat
Satu Jemaah Haji Lansia dari Sumatera Utara Gagal ke Mekkah, Ini Sebabnya
Calon jemaah haji berangkat dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia dari Bandara KNIA di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Foto: Tim dokumentasi dari bandara KNIA

" Satu orang jemaah calon haji asal Kabupaten Mandiling Natal, Sumatera Utara gagal berangkat ke tanah suci, Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Sebab, kondisinya sedang demam dan tubuhnya terasa lemas "

MEDAN, TELISIK.ID - Satu orang jemaah calon haji asal Kabupaten Mandiling Natal,  Sumatera Utara gagal berangkat ke tanah suci, Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Sebab, kondisinya sedang demam dan tubuhnya terasa lemas.

Informasi yang dihimpun, jemaah calon haji adalah Rohani Mas Nusin, yang kini masuk usia lanjut (lansia). Dikarenakan kondisi kesehatan menurun, sehingga tidak bisa memasuki Asrama Haji Medan.

Kasubbag Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara, M Yunus ketika dikonfirmasi, Kamis (25/5/2023) siang, membenarkan ada satu jemaah calon haji yang gagal berangkat.

Baca Juga: Dugaan Penggelapan Barang Bukti Sabu 12 Kg, Saksi Tak Nyaman Diperiksa Propam Polda Sumatera Utara

"Iya, gagal berangkat. Seharusnya jadwalnya di kloter satu, Rabu 24 Mei 2023 kemarin," katanya.

Pihak manajemen Kemenag Sumatera Utara mengaku, jemaah calon haji itu sakit dan tidak masuk ke asrama.

"Untuk sakitnya, saya belum tahu sakit apa. Tapi karena sakit itu, sehingga dibatalkan untuk berangkat. Sampai saat ini jemaah haji itu masih di Kabupaten Mandailing Natal," terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Alwi Mujahit ketika dikonfirmasi mengaku, jemaah calon haji sakit dikarenakan usianya yang sudah lanjut.

"Jemaah lansia, jadi kondisinya sakit, badannya lemas sehingga dibatalkan jadwal penerbangannya. Jika kondisinya sudah membaik, kemungkinan akan diberangkatkan di kloter 18 mendatang. Saat ini masih kloter yang kedua," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara itu mengaku untuk hari ini, ada 357 jemaah calon haji yang berangkat ke Madinah Mekkah dari Bandara Kualanamu Internasional Airport, di Kabupaten Deli Serdang.

"Kondisinya semuanya dalam keadaan sehat, sehingga diberangkatkan. Sebelum berangkat, mereka dicek terlebih dahulu kesehatannya. Selanjutnya diberangkatkan. Untuk hari ini jemaah calon ini berasal dari Kabupaten Deli Serdang," terangnya.

Baca Juga: Wakapolres Binjai Sumatera Utara Dicopot Atas Dugaan Selingkuh dengan Istri Orang

Humas PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Kualanamu, Yuliana Balqis ketika dikonfirmasi mengaku, kloter 2 sudah berangkat dari Bandara KNIA.

"Kloter dua sudah berangkat menuju Madinah, Mekkah. Kondisi cuaca baik, sehingga pesawat berangkat. Untuk hari ini, jadwal penerbangan menuju Mekkah hanya satu kloter saja. Setiap harinya satu kloter yang bertolak ke Mekkah. Untuk jemaah pria berjumlah 148 orang dan untuk wanita berjumlah 209," terangnya.

Jemaah calon haji ini berangkat dengan menggunakan Garuda Indonesia Airways (GIA) 3102. Mereka dijemput dari Asrama Haji Medan dan didampingi tim petugas haji sampai naik ke pesawat, bahkan sampai ke tempat duduknya masing-masing. (A)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga