Sayembara Cipta Lagu Mars dan Hymne Muna Barat, 8 Peserta Berebut Menang

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 25 Juni 2023
0 dilihat
Sayembara Cipta Lagu Mars dan Hymne Muna Barat, 8 Peserta Berebut Menang
Tim penilai dan peserta sayembara cipta lagu mars dan hymne Muna Barat sesuai menampilkan karya. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Delapan peserta bertarung dalam sayembara cipta lagu hymne dan mars, Pemda Muna Barat menilai secara objektif serta menyiapkan hadiah sebesar Rp 15 juta "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Delapan peserta bertarung dalam sayembara cipta lagu hymne dan mars, Pemda Muna Barat menilai secara objektif serta menyiapkan hadiah sebesar Rp 15 juta.

Diketahui, Kabupaten Muna Barat saat ini akan memasuki usia ke-9, namun di usia itu Muna Barat belum memiliki lagu hymne dan mars.

Untuk itu, pemda membuka sayembara cipta lagu hymna dan mars bagi umum, artinya tak membatasi hanya untuk daerah Muna Barat, tetapi untuk ke seluruhan yang bersedia ikut sayembara tersebut.

Olehnya itu, dari seluruh jumlah peserta itu yakni delapan orang, tidak hanya berasal dari Kabupaten Muna Barat, melainkan ada dari Kabupaten Muna.

Baca Juga: Laporan Ketum PB KEPMMI ke KPK Dinilai Tak Berdasar, Pemda Muna Barat Lapor Balik

Peserta sayembara sebelum menampilkan lagu yang mereka ciptakan sesuai ketentuan dan syarat yang berlaku, delapan peserta itu diberikan nomor urut.

Kemudian peserta menampilkan lagu ciptaan dengan memutar instrumen yang telah direkam, setiap peserta menyanyi di hadapan tim penilai.

Tim penilai itu pun, berasal dari sastrawan, budayawan, praktisi vokal, praktisi musik, dan tim penilai yang profesional dan berkompeten di bidang musik.

Kabag Hukum selaku Ketua panitia sayembara lagu hymne dan mars Muna Barat, Yuliana mengatakan, sesuai dengan kegiatan yaitu sayembara maka yang terpilih hanya satu orang pemenang, tidak ada juara dua dan tiga.

"Dipilih satu bagi pemenang dan sesuai kesepakatan pemerintah daerah menyiapkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 15 juta," ungkapnya, Minggu (25/6/2023).

Yuliana katakan, pengumuman bagi pemenang sayembara masih menunggu hasil keputusan tim penilai, sehingga jadwal pengumuman belum dapat dipastikan.

Pengumuman pemenang akan dilakukan, namun pemberian hadiah bagi pemenang sayembara cipta lagu akan diberikan saat malam puncak HUT Muna Barat.

Yuliana menerangkan, pengumuman akan lebih dulu dilakukan sebab pemerintah dan daerah akan melakukan sosialisasi, sehingga lagu mars dan hymne Muna Barat ini ditahu oleh masyarakat luas.

"Ini kan lomba cipta lagu, setelah itu ada lomba menyanyikan lagu mars dan hymne yang diadakan saat HUT Muna Barat dan saat perayaan 17 Agustus mendatang," pungkasnya.

Setelah pengumuman pemenang cipta lagu, pemda akan mengurus hak paten kepemilikkan lagu serta hak cipta lagu tetap diberikan pada pencipta lagu tersebut.

Sementara itu, Ketua dewan juri cipta lagu mars dan hymne Muna Barat, Eupibius La Ode Anasara mengatakan, dalam penilaian bagi delapan peserta ada tiga kriteria yang dinilai, yaitu pertama originalitas lagu yang terdiri dari ide dan struktur lagu.

"Tiga kriteria ini berdasarkan kriteria nasional, kami melihat bagaimana susunan lagu itu, sesuai dengan kategori lagu mars dan hymne, sebab keduanya beda," ungkapnya.

Baca Juga: Terus Berbenah, Pemda Muna Barat Rehab Lima Infrastruktur

Kedua, efektivitas lagu terdiri dari pengembangan lagu tersebut, adanya hubungan syair dan melodi (not lagu), kemudian ada aksentuasi (tekanan lagu) dengan melihat dari lagu yang telah diciptakan bagian mana saja yang diberi tekanan atau dinamika lagu.

Selain itu, musicalitas yakni terdiri dari ritme atau ketukan, keselarasan antara syair dan not, selaras dengan ketentuan dan syarat yang telah diberlakukan oleh pemerintah setempat.

Kemudian melodi perlu diperhatikan harus sesuai dengan lagu yang diminta, harmoni lagu, bentuk atau style lagu yang disesuaikan antara mars dan hymne. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga