Seberapa Efektif Madu Atasi Asam Lambung

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 18 September 2023
0 dilihat
Seberapa Efektif Madu Atasi Asam Lambung
Madu dapat membantu mengatasi gejala asam lambung yang naik. Foto: Repro Madurasa.co.id

" Madu dapat membantu mengatasi gejala asam lambung naik dengan beberapa cara "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketika asam lambung naik, beberapa orang lebih memilih pengobatan alami untuk mengatasi asam lambung naik. Salah satunya dapat membantu mengobati asam lambung adalah madu.

Setiap harinya, asam lambung diproduksi sebanyak 3-4 liter. Asam lambung terdiri dari kalium klorida, natrium klorida, dan asam klorida seperti dikutip dari Hellodokter.com.

Sebenarnya, asam lambung bersifat korosif sehingga bisa berisiko merusak lapisan pelindung lambung. Namun, lambung manusia memiliki lendir yang menutupi dinding sehingga lambung tetap terlindungi dari asam klorida.

Ketika jumlah asam terlalu banyak, ini akan menyebabkan gangguan dan membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Bila terjadi, akan timbul gejala asam lambung seperti nyeri dada, nyeri ulu hati, sensasi terbakar (heartburn), hingga sesak napas.

Baca Juga: Intip Pilihan Sayur, Cocok untuk Penderita Asam Lambung

Manfaat madu untuk asam lambung

Dilansir dari Kompas.com, madu dapat membantu mengatasi gejala asam lambung naik dengan beberapa cara. Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Penelitian Medis India melaporkan beberapa manfaat utama madu untuk asam lambung yakni:

1. Madu merupakan antioksidan dan penangkal radikal bebas. Asam lambung naik mungkin sebagian disebabkan oleh radikal bebas yang merusak sel-sel yang melapisi saluran pencernaan. Madu dapat mencegah kerusakan tersebut dengan menghilangkan radikal bebas.

Baca Juga: Benarkah Madu Lebih Sehat Ketimbang Gula?

2. Madu mungkin dapat mengurangi peradangan pada kerongkongan. Tekstur madu memungkinkannya melapisi selaput lendir kerongkongan dengan lebih baik. Madu bersifat alami dan dapat digunakan bersama dengan pengobatan tradisional lainnya.

Madu bekerja untuk meringankan gejala refluks asam lambung dengan mencegah peradangan dan melapisi selaput lendir kerongkongan. Alhasil, madu akan mengurangi sensasi rasa terbakar yang biasa dirasakan saat asam lambung naik.

Kelebihan lainnya, madu dapat digunakan bersama dengan bahan alami lain yang juga dikenal baik untuk mengobati asam lambung secara alami. Misalnya, seperti yang sudah disebutkan, madu bisa dicampur dengan jahe atau perasan jeruk lemon. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga