Sejarah Tradisi Salam Tempel saat Lebaran di Indonesia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
Sejarah Tradisi Salam Tempel saat Lebaran di Indonesia
Salam tempel merupakan tradisi berbagi uang jajan kepada anak-anak saat hari raya Idul Fitri. Foto: Kumparan.com

" Hari raya Idul Fitri sudah di depan mata. Salah satu hal yang ditunggu anak-anak saat lebaran adalah mendapat salam tempel "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari raya Idul Fitri sudah di depan mata. Salah satu hal yang ditunggu anak-anak saat lebaran adalah mendapat salam tempel.

Salam tempel sendiri adalah tradisi di mana anak-anak mendapat uang jajan setelah bermaafan dengan orang yang lebih tua.

Tahukah kamu kenapa orang umumnya bagi-bagi uang saat lebaran? Sejak kapan tradisi salam tempel ada?

Dilansir dari Finance.detik.com, Kepala Program Studi Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Sunu Wasono mengatakan tradisi salam tempel saat lebaran sudah ada sejak lama.

Baca Juga: Sarang Ketupat Laris Manis Jelang Hari Raya Idul Fitri

Waktunya sendiri tak ada yang tahu pasti, tetapi kemungkinan karena terpengaruh oleh budaya China yang memberikan angpao saat Tahun Baru Imlek.

"Bagi-bagi uang di saat Lebaran merupakan tradisi yang sudah lama berlangsung dan itu telah menjadi bagian dari budaya kita. Ada kemungkinan terpengaruh oleh Budaya China, tapi di hari-hari besar (tidak hanya pada hari Lebaran) kebiasaan bagi-bagi uang atau barang telah menjadi kelaziman," kata Sunu.

Kenapa orang umumnya bagi-bagi uang saat Lebaran? kata Sunu itu sebagai semangat berbagi dari orang yang sedang memiliki rezeki lebih karena ada Tunjangan Hari Raya (THR) dari tempatnya bekerja.

Apalagi dalam Islam sendiri diajarkan untuk memuliakan satu sama lain dan berbagi.

"Itu merupakan wujud perhatian dan kepedulian yang semuanya dilandasi oleh kasih sayang. Bagi uang kepada anak juga merupakan bagian dari kasih sayang. Kalau dasarnya tulus, semangatnya memberi perhatian atau saling membantu itu bagus, tidak ada masalah," tuturnya.

Tradisi bagi-bagi uang kepada anak-anak juga bisa dianggap sebagai 'hadiah' karena telah berpuasa selama satu bulan lamannya. Dengan begitu, mereka dinilai akan lebih giat lagi menjalankan puasa di tahun selanjutnya.

"Pemberian itu juga merupakan semacam hadiah untuk merangsang atau mendorong anak-anak agar mau puasa untuk tahun depan sampai tutug (selesai). Jadi puasanya tidak model tutup kendang atau puasa di hari pertama dan hari terakhir, tengahnya kosong," imbuhnya.

Sebenarnya tidak ada aturan dalam dunia perencanaan keuangan untuk bagi-bagi salam tempel, tetapi kamu bisa mengalokasikan paling tidak 10-20% THR sebagai anggaran untuk memberikan angpao Lebaran. Itu pun harus dipastikan semua kebutuhan utama sudah terpenuhi.

"Prioritas utama harus didahulukan seperti uang transport pergi pulang kalau mudik, zakat dan sedekah, konsumsi Lebaran kalau semua yang bersifat wajib sudah dilakukan, baru boleh alokasikan ke amplop," kata Perencana Keuangan Eko Endarto.

Dikutip dari Kompas.com, Perencana Keuangan Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengatakan, jangan sampai punya perasaaan tidak enak sehingga semua orang diberi salam tempel lebaran.

"Tapi justru akibatnya, kita kesulitan untuk pulang balik ke kota asal," ujar dia, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga: Ini Lokasi Macet di Kendari Sebelum dan Sesudah Hari Raya Idul Fitri

Ia menambahkan, bila pengaturan keuangan sudah mencapai batas anggaran, penting untuk menyetop pengeluaran untuk belanja, makan, ataupun bagi-bagi salam tempel Lebaran

"Atau nominalnya yang dikurangi," imbuh dia.

Untuk itu, Andy menjelaskan ketika seseorang memutuskan untuk lebaran di kampung halaman penting mengatur anggaran pengeluaran agar uang tak habis saat mudik.

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah uang ongkos pulang dan pergi. Setelah itu, penting untuk mengatur pengeluaran uang makan dan jajan selama perjalanan mudik dan kembali ke perantauan.

"Setelah itu dana untuk akomodasi bila diperlukan," ujar dia. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga