Sejumlah Jalan di Kolaka Utara Segera Dibenahi Pakai Dana Inpres 2024 hingga Ratusan Miliar

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 26 Oktober 2023
0 dilihat
Sejumlah Jalan di Kolaka Utara Segera Dibenahi Pakai Dana Inpres 2024 hingga Ratusan Miliar
Salah satu ruas Jalan Lelewawo-Porehu, Kolaka Utara yang saat ini telah diaspal menggunakan dana Inpres tahun 2023. Foto: Ist.

" Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kolaka Utara, telah diusulkan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat saat kunjungan kerja, Sabtu (21/10/2023) lalu "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kolaka Utara, telah diusulkan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat saat kunjungan kerja, Sabtu (21/10/2023) lalu.

Rencananya ruas jalan kabupaten ini, bakal dibenahi menggunakan Dana Instruksi Presiden (Inpres) tahun 2024 mendatang yang anggarannya hingga ratusan juta rupiah.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kolaka Utara, Syahrul mengungkapkan, ruas jalan yang masuk usulan pengerjaan (aspal) tahun depan antara lain, ruas Jalan Desa Pasampang-Labipi, Desa Powala hingga Pasampang-Teposua.

Baca Juga: Bendungan Ranteangin Kolaka Utara Bakal Dibangun Ulang, Estimasi Anggaran Rp 12,54 Miliar

"Anggarannya mencapai Rp 26,36 miliar. Selanjutnya, ruas Jalan Desa Pakue-Lanipa dan Desa Latali-Teposua senilai Rp 22,55 miliar," terangnya, Kamis (26/10/2023).

Ruas jalan lainnya yang juga bakal dibenahi, yakni ruas Desa Mataleuno-Pakue senilai Rp 18,72 miliar. Selain itu, ruas Jalan Desa Rante Limbong-Pitulua turut dibenahi dengan anggaran sebesar Rp 35 miliar.

"Total keseluruhan pengerjaan jalan khusus wilayah Pakuan Tengah dan Utara mencapai Rp 67.634.000.000, sumber anggaran dari dana Inpres. Itu di luar dana peningkatan Jalan Rante Limbong-Pitulua," jelasnya.

Khusus ruas Jalan Rante Limbong-Pitulua anggarannya besar, lanjutnya, karena pengerjaannya standar nasional. Rencananya lebaran aspal 7 meter dengan dua lapisan. Jalur tanjakan yang dulu dikerjakan TMMD akan diturunkan tingginya.

"Secara teknis sulit dilalui jika tidak diturunkan. Turunnya sekitar 15 meter, ini yang butuh biaya besar. Sepintas kalau tidak paham orang akan kaget, ruas jalan hanya 3,5 kilometer anggarannya sampai segitu," ujarnya.

Ke depan Dinas PUPR menargetkan pembenahan secara menyeluruh Jalan Belanda hingga tembus ke Desa Latowu, Kecamatan Batu Putih. Dengan begitu, warga tidak perlu melintasi Jalan Trans Sulawesi yang agak berkelok dan menanjak.

"Itu target kita ke depannya. Termasuk pengusulan peningkatan  ruas jalan Desa Sipakainge-Leombu sampai Powala," tukasnya.

Baca Juga: Kualitas Tak Bagus, Proyek Pengaspalan Ruas Jalan di Kolaka Utara Disorot

Usulan pengerjaan beberapa ruas jalan tersebut, dibenarkan Kepala Dinas PUPR Kolaka Utara, Mukramin. Menurutnya tidak hanya jalan kabupaten tapi juga jalan provinsi Batu Putih-Porehu-Tolala.

"Kami telah mengusul untuk Inpres 2024," kata dia.

Tahun ini, Pemda Kolaka Utara mendapat dana Inpres untuk peningkatan jalan Lelewawo-Porehu sepanjang 11 kilometer dengan total anggaran Rp 24,5 miliar dan ruas Jalan Saludongka-Lawata panjang 5,8 kilometer, anggarannya Rp 20,3 miliar. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga