Sejumlah Wilayah di Kabupaten Konawe Terendam Banjir, Ratusan Rumah dan Sawah Terdampak

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 03 Juli 2024
0 dilihat
Sejumlah Wilayah di Kabupaten Konawe Terendam Banjir, Ratusan Rumah dan Sawah Terdampak
Sejumlah Wilayah di Kabupaten Konawe terendam banjir akibat intensitas hujan yang tinggi. Foto: Ist.

" Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kabupaten Konawe, menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe terendam banjir "

KONAWE, TELISIK.ID - Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kabupaten Konawe, menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe terendam banjir.

Berdasarkan data yang diterima, terdapat beberapa titik banjir seperti di Kecamatan Abuki, Desa Anggoro, Kecamatan Tongauna Utara, Desa Nambeaboru, dan Desa Barowila Kecamatan Padangguni Desa Padang Mekar, serta sejumlah wilayah di Kecamatan Pondidaha menjadi langganan banjir.

Akibat intensitas hujan ini, menyebabkan banjir yang terjadi merendam ratusan rumah dan ratusan hektare sawah dengan ketinggian air sekitar 50 – 100 cm.

Atas kondisi ini, personil Polres Konawe yang berada di wilayah Kecamatan (Polsek) langsung melakukan peninjauan, sekaligus memberikan imbauan kepada masyarakat untuk waspada terhadap kondisi banjir.

Baca Juga: Babak Baru Video Viral Opa Ambon, Penyebar Diduga Pinjam HP hingga Bagikan Adegan Vulgar 6 Menit

Saat ini tercatat 150 rumah di Desa Nambeaboru, Kecamatan Tongauna Utara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara terendam banjir.

Saat di konfirmasi melalui telepon seluler, Kopolsek Tongauna IPDA Fahry Latekeng, mengatakan bahwa musibah banjir di Desa Nambeaboru menyebabkan 150 rumah terendam akibat meluapnya Kali Aworeka yang melewati tanggul penahan banjir sehingga menyebabkan air menggenangi rumah – rumah warga dan akses jalan dan area persawahan setinggi lutut orang dewasa.

"Akibat meluapnya Kali Aworeka, menyebabkan kurang lebih 150 rumah warga terendam banjir atau sekitar 50 persen dari jumlah rumah warga yang ada di Desa Nambeaboru," kata Ipda Fahry Latekeng,

Saat ini, lanjut Fahry, personil Polsek Tongauna yang dipimpin oleh Kanit Binmas sedang berkomunikasi dengan masyarakat di TKP.  Hingga saat ini tidak ada korban jiwa. Sedangkan korban material belum dapat dihitung karena luasnya area persawahan yang terdampak.

Untuk diketahui, jika curah hujan masih terus turun dimungkinkan dampak banjir akan meluas ke beberapa Desa di Kecamatan Tongauna Utara antara lain Desa Ambopi, Anggohu, Waworoda Jaya dan sekitarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Konawe, Herianto mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan assesment di beberapa lokasi banjir.

"Untuk saat ini personel kami telah berada di beberapa lokasi banjir untuk melakukan assesment," ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga: Puluhan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Desa Anggoro Konawe Terendam Banjir

Setelah assesment dilakukan, pihaknya akan berkoordinasi perihal status tanggap darurat bencana bencana banjir.

Sebelumnya, 80 rumah warga terendam dan ratusan hektar sawah yang baru disemai tenggelam usai kembali diterjang banjir terjadi di Desa Anggoro, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe dengan ketinggian mencapai 1 meter pada Rabu, (3/7/2024)

Kepala Desa Anggoro, Ruslan, mengungkapkan bahwa banjir ini sudah menjadi langganan di desanya.Selain disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi, pendangkalan Sungai Anggoro juga menjadi faktor utama.

Dia juga mengatakan, sungai tersebut tidak mampu menampung dan mengalirkan air secara langsung ke Sungai Lahumbuti. Meski masalah ini telah disampaikan ke pemerintah daerah dan Balai Wilayah Sungai (BWS), beber Ruslan, namun belum ada respons dari kedua pihak tersebut. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga